Pages

Minggu, 12 Juni 2016

Minotaur, sang iblis berkepala banteng!


hai semuanya :) masih puasa kan? kali ini admin dark akan membahas salah satu makhluk mitologi yang sudah sangat terkenal, dan termasuk salah satu dari 5 makhluk mitologi favorit admin dark sendiri... dia adalah, The Legendary Beast, Minotaur!!


kalian pasti juga pernah bertemu makhluk ini dalam game 'god of war', game yang memang banyak mengambil karakter enemy dari mitologi yunani.

(Kratos melawan Minotaur)


Minotaur sendiri adalah makhluk dalam mitologi Yunani yang memiliki kepala dan ekor banteng serta tubuh manusia.
Minotaur sangat terhubung dengan pulau Kreta, di mana dia dikatakan menjalani hidup pada masa dewasanya dalam labirin rumit di Knossos.

Minotaur merupakan mahluk yang ganas dan kuat sebelum akhirnya bisa dibunuh oleh Theseus, pahlawan Yunani.
Banyak ahli berpendapat bahwa akar Minotaur berasal jauh sebelum orang Yunani mengadopsi Zeus dan para dewa lain.
Minotaur diduga berasal dari dewa matahari yang dipuja sebelum kedatangan Zeus.
Sebagian ahli lain menghubungkan Minotaur dan ayahnya yang merupakan seekor banteng kepada Ba’al – dewa lembu emas – yang menjadi sesembahan orang Fenisia.
Dalam mitologi Yunani, Minotaur digambarkan sebagai makhluk buas. Minotaur merupakan anak dari istri Raja Minos, Pasiphae, dan banteng Kreta putih.
Mitos menyatakan bahwa Raja Minos berdoa kepada Poseidon agar diberikan banteng jantan putih.
Raja Minos begitu menyukai banteng tersebut sehingga menolak untuk mengorbankannya.
Poseidon menjadi murka dan sebagai balasan membuat Pasiphae jatuh cinta dengan sang banteng.
Pasiphae kawin dengan banteng dan sebagai hasilnya, lahir makhluk separuh manusia separuh banteng yang terlalu ganas untuk dibesarkan secara normal.
Setelah tumbuh dewasa, Minotaur menjadi kanibal dan menuntut persembahan perempuan dan laki-laki setiap tahun untuk kemudian disantap.
Sebagian versi mitos mengatakan bahwa Theseus mengajukan diri untuk menjadi bagian dari persembahan tahunan sehingga bisa membunuh Minotaur.
Theseus dibantu oleh putri Minos, Ariadne, yang memberikan gulungan benang sebagai panduan menyusuri labirin agar tidak tersesat.
Akhirnya Theseus berhasil membunuh Minotaur sekaligus membebaskan orang-orang yang disandera dalam labirin.
Peristiwa pembantaian Minotaur menjadi sumber inspirasi banyak seni Yunani klasik hingga seni modern dan postmodern, seperti pada karya Picasso temen-temen.


1 komentar:

Disqus Shortname

Comments system