Pages

Selasa, 07 Juni 2016

Cara Mengatur Lucid Dream untuk pemula

 
Pernahkah kalian mengalami saat di mana mimpi anda terasa begitu nyata? Jika jawabannya "ya", berarti kalian sudah pernah mengalami apa yang disebut dengan "Lucid Dream".
Jika sebelumnya Admin dark sudah membahas tentang JM (Jessica Method) dan AP (Astral Projection) kali ini Admin dark akan membahas ilmu yang paling gampang untuk dilakukan, namun tetap seru dan mirip dengan AP. Bahkan hanya dalam 3-4 hari, kalian sudah bisa mengendalikan LD (Lucid Dream).
"Lucid Dream" bisa diartikan sebagai sebuah pengalaman di alam mimpi, di mana kita bisa mengontrol mimpi kita, merasakan hal-hal di dalamnya, dan yang terpenting adalah tetap tersadar selama bermimpi. Lucid dream terbagi dua, yaitu Lucid Dream yang dialami secara tidak sengaja, dan Lucid Dream yang diatur dengan sengaja supaya kita bisa mengalaminya.  Boleh dibilang, Lucid Dream setingkat lebih mudah dibandingkan Astral Projection.
 
Apa perbedaan antara Lucid Dream dan mimpi biasa?
Yang membedakan intinya adalah satu kata :  Kesadaran.  Dalam Lucid Dream, kita benar-benar mengalami segala sesuatu di dalam mimpi secara sadar, sedangkan di dalam mimpi biasa, kita seolah-olah hanya menyaksikan atau menonton hal-hal di dalamnya. Setelah terbangun, kita bisa mengingat dengan sangat jelas hal-hal di dalam Lucid Dream, sementara jika kita bermimpi biasa, akan ada hal-hal yang hilang dalam ingatan kita.
Apa manfaat Lucid Dream?
Tentu saja, tujuan utama merasakan Lucid Dream adalah untuk menikmati kehidupan di dunia mimpi, di mana kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang sangat menyenangkan.  Tujuan lain adalah untuk memenuhi keinginan yang tidak bisa tercapai di dunia nyata.  Karena dalam lucid dream kita bisa mengontrol segala sesuatu di dalamnya, maka untuk mengatur berbagai hal yang ingin kita capai akan menjadi hal yang sederhana.  Manfaat lain dari Lucid Dream adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, mengatasi fobia dan trauma, meningkatkan kreativitas, dan menambah rasa percaya diri.
Apa saja yang bisa kita lakukan dalam kondisi Lucid Dream?
Sangat banyak dan bervariasi.  Kita bisa mencoba apapun dan menjadi apapun di alam mimpi.  Pengalaman paling umum adalah merasakan terbang dari satu tempat ke tempat lainnya.  Ada pula penjelajahan ke dimensi lain, interaksi dengan orang-orang yang ada di alam bawah sadar anda (subconscious) dan lain-lain.  Perlu diingat, indra penglihatan, pendengaran, peraba, perasa, dan penciuman anda tetap aktif dalam lucid dream. Anda bahkan bisa mengalami berbagai emosi seperti rasa senang,sedih, terharu, bahagia, dan lain-lain.  Ada 3 kategori Lucid Dreamer, dan berikut adalah hal-hal yang bisa dialami :
A.  Tingkat Pemula
Berjalan menembus tembok, menggambar di langit, terbang di angkasa, menjelajah dunia mimpi.
B.  Tingkat Menengah
Makan, berkencan atau bertemu tokoh-tokoh yang selama ini hanya ada dalam imajinasi anda seperti artis, olahragawan, politikus, pahlawan, tokoh kartun, dan lain-lain.
C.  Tingkat Ahli
Berhubungan seksual, merasakan kehidupan setelah mati, mendapatkan inspirasi untuk diterapkan ke dunia nyata (contoh :  ide untuk menulis buku, membuat film, dan sebagainya)
Adakah dampak negatif Lucid Dream?
Selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak ada dampak fisik negatif dari Lucid Dream.  Beberapa kasus stres mungkin muncul jika Lucid Dream anda bersifat mengerikan atau menakutkan.  Dalam kasus lucid dream yang akut, beberapa orang mungkin kehilangan motivasi di dunia nyata karena mereka merasa bisa mendapatkan apapun di dunia mimpi.  Satu hal yang anda harus ingat, segala hal dalam Lucid Dream hanyalah mimpi, tidak ada yang berupa kenyataan.
Tahapan dan Langkah-Langkah Lucid Dream
1.  Tidur dalam kondisi serileks mungkin, dengan pakaian longgar dan santai.
2.  Kontrol pernafasan dan konsentrasi.  Cobalah untuk memperlambat pernafasan, namun tetap berkonsentrasi ke organ-organ tubuh anda, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.  Cara ini pernah dibahas dalam blog Wikumagic, di artikel tentang Astral Projection.
3.  Jaga pikiran tetap sadar, namun santai.  Jika anda berusaha tersadar namun tidak santai, anda tidak akan bisa tertidur.  Berusahalah untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat anda tetap sadar dalam kondisi rileks, seperti menghitung domba atau membayangkan diri anda naik turun tangga.
4.  Sleep Paralysis.  Kondisi ini adalah tahapan utama ke arah Lucid Dream.  Ini adalah tahap di mana sering disebut sebagai "tindihan".  Anda mungkin akan merasa ditindih oleh sesuatu yang sangat berat, susah bernafas, tubuh serasa berputar dan terlempar.  Ingat, jangan terbangun saat mencapai tahap ini.  Jika anda bangun karena merasa ketakutan, Lucid Dream anda akan gagal.
5.  Black Out.  Periode transisi di mana anda merasa memasuki ruang hitam kelam.  Akan berlangsung selama beberapa saat, dan sekali lagi jangan sampai terbangun.
Nah, setelah melewati tahapan ini, anda akan mulai merasakan suatu sensasi, entah berupa penglihatan atau suara, yang intinya berarti anda telah memasuki dunia mimpi dan siap untuk menjelajahinya.  Ingat, jangan mengeluarkan emosi terlalu ekstrim, seperti terlalu bahagia, terlalu marah, atau terlalu takut, karena hal-hal tersebut bisa membuyarkan Lucid Dream.  Intinya hanya satu, tetap konsentrasi.
Cara Mendapatkan Lucid Dream
Jadi, bagaimana anda bisa mengalami Lucid Dream?
Intinya adalah dua hal :  Mengetahui dan menyadari bahwa anda sedang di dunia mimpi dan terus menerus mengecek kesadaran anda.
Metode ini bisa dicapai dengan langkah-langkah berikut :
1.  Cek realitas dan kesadaran anda; Kenali tanda-tanda mimpi
Cobalah untuk membiasakan diri mengecek realita dan kesadaran anda, bahkan ketika anda tidak sedang bermimpi.  Tanyakan ke diri anda sendiri :  Apakah saya bermimpi?  Contohnya adalah memastikan jarum jam tetap berjalan, atau mengecek gaya gravitasi.  Jika anda melakukan hal tersebut di dalam mimpi, akan terjadi suatu keanehan (misal, di dunia mimpi jarum jam tidak berjalan, ada kemungkinan benda-benda terbang melawan gravitasi).  Nah, jika keaneahan tersebut terjadi dan anda menyadarinya, selamat...anda telah mengalami Lucid Dream dan bisa mulai menjelajah mimpi.
2.  Ingatlah mimpi anda
Cobalah untuk mengingat setiap mimpi anda, dan catat mimpi-mimpi anda dalam buku catatan setelah anda mengalaminya.  Teknik ini disebut dengan pembuatan jurnal mimpi.
3.  Berusaha bangun di tengah tidur anda
Waktu terbaik adalah menjelang pagi, di mana anda masih memiliki cukup waktu untuk melanjutkan tidur anda.  Setelah terbangun, minum banyak air putih, berusahalah mengingat mimpi anda sebelumnya, dan lanjutkan tidur.
4.  Visualisasi dan Sugesti
Sebelum tidur, bayangkan berbagai hal-hal fantastis seperti terbang di angkasa, melukis di atas awan, atau hal-hal lainnya.  Lalu katakan pada diri anda sendiri berulang-ulang "Saya akan mengalami Lucid Dream dan mencatatnya dalam jurnal mimpi.
5.  Dengarkan gelombang musik untuk mempermudah proses Lucid Dream
6.  Sabar dan terus berlatih
Lucid dream adalah sesuatu yang harus terus menerus dilatih, dan mungkin tidak bisa langsung berhasil dalam satu kali percobaan.  Jika gagal, cobalah untuk mereview lagi metode yang anda lakukan, dan jangan putus asa.  Terus berlatih, dan berlatih.
Satu hal lagi yang perlu diingat, ada batasan-batasan dalam Lucid Dream.  Anda mungkin bisa mengontrol mimpi, namun tidak 100% karena bagaimanapun, mimpi adalah sebuah dimensi lain dari kehidupan anda.
Akhir kata, jangan takut untuk bermimpi, dan bermimpilah untuk membawa perubahan positif di kehidupan nyata anda.

Oh satu lagi, kalau di postingan Astral Projection kemarin ada Brainwave (semacam audio yg bisa mempercepat proses AP atau LD), maka kali ini Admin dark juga akan membagikan Brainwave LD secara percuma untuk teman-teman pengunjung blog jelek ini:

1. Lagu ini panjangnya 30 menit. Musik Original
2. Sama seperti diatas. Mempunyai suara background tambahan. Brown Noise
3. Ini berbeda dengan yang lain, Musik yang ini dimulai dengan keheningan selama 20 menit. Kamu diharapkan bisa tidur dalam 20 menit tersebut. Setelah 20 menit musik akan dimulai dan musik itu akan membawa kesadaran kedalam mimpimu. Panjangnya 40 menit (20 menit hening, 20 menit musik) Lucid Spike 

(Kalian harus memakai IDM untuk mendownload file-file diatas :3 )

Sumber: dari berbagai sumber, terutama kaskus :3

68 komentar:

  1. mas buat saya yg pernah bermimpi
    hidup di dalam dunia game dan saya menjadi nomor1 didalamnya apahkah termasuk lucid dream?

    BalasHapus
  2. @Unknown: tergantung, apakah ente bisa ngendaliin mimpi itu? kalau bisa, ente memang lagi LD tanpa disengaja

    BalasHapus
  3. ane pernah sih ngerasa ane bisa nghendaliin diri ane di mimpi ane lompat" di pagar tdi cuma sebentar abis itu langsung bangun :3

    BalasHapus
  4. @Fery: itu termasuk LD yang tidak disengaja :)

    BalasHapus
  5. kalo ane sering, tapi gelap, dan gk bisa ngebayangin yang luas -_-

    BalasHapus
  6. ane pernah terbang dalam mimpi ane , ane terbang di daerah kota ane sendiri tapi setelah beberapa saat ane terjatuh, ane terjatuh dan ane kira ane udah bangun, tapi pas ane cek lagi ane masih mimpi ._. ini kah yang disebut mimpi di dalam mimpi kah min? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sebenarnya, Astral Projection gan ._.

      Hapus
    2. emang perbedaan LD ama AP apa min? ._.

      Hapus
    3. LD itu cuma mimpi, sedangkan AP itu beneran.

      Hapus
    4. Min bagaimana kalau kita ketindihan berkali2 contohnya kasus yg pernah saya alami,saya merasa ketindihan saat tertidur trus saya paksa bangun dan akhirnya bisa, tapi itu ternyata cuman mimpi. Dan saya sadar saat itu, kemudian mencoba bangun sekali lagi, eh.. ketindihan lagi dan berhasil bangun dan ternyata masih dalam mimpi. Apakah Itu termasuk AP???

      Hapus
  7. Min, gue pernah mimpi terbang dan ketika saya terbang tiba tiba saya sadar trus kulitku aku cubit dan gak ada rasa sakitnya sama sekali .. Apa gue sudah masuk LUCID DREAM? .. Dan mimpi itu selalu berulang ulang selama 1 minggu kira kira ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas kamu terbang kamu bisa liat tubuh kasar kamu gak?
      kalau bisa, kemungkinan besar kamu bukan LD, melainkan AP<

      Hapus
  8. Min, cara bertahan lama di LD bagaimana?
    Paling aku yang lama cuman 5m terus bangun dan mulai lagi dari SP ._.

    BalasHapus
  9. Audionya yang mana nih min? Ada 3 gitu ._.

    BalasHapus
  10. Min, ane kan pernah mimpi..
    Dalam mimpi itu telapak tangan ane gak ada kulitnya melainkan hanya tulang dan di pergelangan tangan ane (kalau di pergelangan tangan sampai yg lainnya ada kulitnya) ada kaya rambut2 warna merah keluar dari pergelangan tangan menuju ke telapak tangan..
    Nah.. waktu ane raba rambut2 itu rasanya tu kaya ngeraba rambut asli...
    Kalau begitu termasuk LD/AP atau mimpi biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu LD gan, kalau AP.. ada semacam benang perak yg terhubung dari badan kasar kita.

      Hapus
  11. Nah kalau ane pernah ngalamin, kyknya LD tapi saat mau terbangun kayak ada option di pikiran "mau lanjut mimpi atau bangun"..

    Nah, terus juga pernah LD tapi settingan lokasinya kyk dunia nyata tapi diswap tempatnya (misalnya gedung x malah ada di tempat y, gedung y di tempat x)..itu termasuk AP bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah...pernah pas LD kyk gitu..

      Hapus
    2. sepintas LD dan AP memang agak mirip, hanya saja LD itu mimpi, dan AP itu nyata juga lebih realistis.

      Hapus
  12. Wajib dengerin audio itu min ?

    BalasHapus
  13. Ane dengerin audio & tidur seharian gak LD ld -_-
    Tapi mimpinya jadi jelas, jadinya setiap abis tidur ane tulis drem jurnal deh

    BalasHapus
  14. Ane sering mimpi aneh , ditengah mimpi ane sadar itu mimpi , dan niat jahat nges3x sama cewe :>

    BalasHapus
  15. Gan sebenernya jurusan buat Lucid, Astral Projection, sama JM, ini apa ya? Pengen ane pelajarin lanjut tentang ini, makasih gan

    BalasHapus
  16. Min, gw pernah mimpi kaya di tindihin mahkluk lain, dan abis itu dia panggil nama gua dan ucapin kata2 serem itu termasuk apa ya? Dan kalau gua mimpi yg sama kaya gitu pasti gw berani buat bangun dengan gerak2in badan, tanpa ada rasa takut walaupun mimpi gw menakutkan

    BalasHapus
  17. Gw pernah mimpi,dalam mimpi tidur lagi dan mimpi lagi kemudian tidur lagi.mimpi jadi waktu aku bangun itu sampai 3 kali bangun.sampai sampai untuk sejenak bertanya apa gw masih didalam mimpi.kalo yang itu apa namanya min???

    BalasHapus
  18. Saya dulu sering LD min, udah sampe ke tngkt jalan2 sama brubah jadi Heroes/berkelahi sama monster/hantu.. haha

    share dkit nih, ane ngikut cara tua-tua LD. Cara paling gampang masuk LD menurut gw gini min :
    sebelum tidur, niatin buat LD (sugesti diri sendiri), trus ente tidur, ketika trbangun tengah mlm/sengaja bangun(pake alarm 2-3jam sesudah trtidur), atopun pas memuter muter badan/ganti posisi PW buat tidur; sempetin mainin jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan ente gan macem main piano gitu, mainin terus, nantinya ente tertidur sbntr lalu akn merasa kaya lagi ketindihan/mcm lagi diterpa angin kencang banget/serasa roh kita lagi ditarik paksa kluar dari badan(ini ange ga tau antra LD/mndekati AP) trus kyk lagi jatuh ditempat yg gelap banget. Ingat, tetap rileks dan jangan takut. Slow aja, itu udah proses nglwatin sleepparalyze .
    Usahakan jgn smpai terbangun.
    Ga lama, ente bakalan berasa kaya lagi bangun, pas udah sadar gini. Usahakan lgsg lakuin Reality Check(buat masti'in lagi dikehidupan nyata ato mimpi). Cara ane satusatunya dengan NUTUP HIDUNG, kalo ente bisa bernafas dengan hidung tertutup (cuma kedengeran suara anginnya doang) TADAAA ~
    AGAN BERHASIL MASUK KE DUNIA AGAN SENDIRI :D

    itu aja dari ane gan..

    Oh iya min, ane mau nanya soal AP. (Masih awam dan agak takut nyoba)
    Ane kadang2 waktu niatin LD pas lewatin sleepparalyze, 2x ngliat raga ane lagi tidur, pas liat gitu lgsg ane batalin LD nya.. Apa itu mendekati ke AP ?
    Ane juga pernah wktu LD ngalamin, mimpi dalam mimpi yg sedang bermimpi (ane kebangun 3x, trakhir baru bangun beneran) itu LD ato AP ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan pas banget, mlm kemarin lucid dream ane yg pertama(rasa"nya) soalnya ane pas tidurtidur ane sugestiin diri buat lucid dan maksa diri buat sadar, dengan jari" itu (soalnya udah baca juga), dan ane gk ngalamin sleep paralysis sama blackout room nya, tiba" mimpi aja gitu, dan ditengah baru nyadar itu rada" aneh dan ngelakuin reality check pake nutup idung (dan nekan jari di telapak) tapi tetep aja tertahan nafasnya, lalu tiba" udah bangun aja, apa cara tutup hidung itu gk efisiren ya? Dan apakah itu tahap bagus untuk mulai lucid dreaming

      Hapus
    2. Sekalian nanya sama miminnya ^

      Hapus
  19. Min, caranya gimana min biar gak keterusan sampe AP
    Takut nih kalo ampe AP

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak kok :) cara melakukan LD dan AP itu beda, AP itu lebih sulit.

      Hapus
  20. Pasang Filenya Di MediaFire/ZippShare,Dll Biar Gampang Min (y)

    BalasHapus
  21. Pasang Filenya Di MediaFire/ZippShare,Dll Biar Gampang Min (y)

    BalasHapus
  22. Min ane pernah LD, tapi kok cuma sebentar ya.....

    BalasHapus
  23. Min LD gak harus bisa super sadar kan

    BalasHapus
  24. Min LD gak harus bisa super sadar kan

    BalasHapus
  25. gua penah :V
    mau tidur tapi ga bisa :v
    mejemin mata tapi lama kelamaan pala gua puyeng
    muter muter,..
    kaya masuk ke dimensi gitu :v
    tapi karna ga kuat puyeng ya gua bangun trus nyari makanan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau bangun tengah malam itu haus, bukan lapar ._.

      Hapus
  26. Gwe pernah mimpi.. Di dunia nyata gwe gk bisa deket sama tuh cewek yg gwe suka.. Tapi di mimpi itu bisa.. gwe senang,semangat, bahagia.. di mimpi itu gwe 2 hari 1 malam... Hari terasa cepat.. Saat gwe bangun di dunia nyata.. gwe Masih merasakan Senang,bahagia, dan semangat yg di mimpi... Gwe kira masih mimpi, saat cek hp history chat dengan dia kosong.. gwe tanya ke Ibu gwe ini mimpi atau nyata..Ternyata udh dunia nyata.. Apakah ini Lucid Dream mas?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :) intinya, LD itu mimpi yang bisa kita kendalikan.

      Hapus
  27. Gw pengen tapi gw takut gan :v tersesat jadi roh yg tersesat bisa gak gan /bener gak gan kalo terlalu menghayati bisa jadi roh yg tersesat ? Takut gan ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang.. LD ini cuma mimpi kok :) gak bahaya. Sumpah dah.

      Hapus
  28. Latihan sampe jadi brp hari gan ? atau 1 hari jadi ?

    BalasHapus
  29. coba min, panggil JM ente pas lagi LD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok menarik kayanya :v

      Hapus
    2. njirr jm aja blom bisa udh suruh panggil d LD, LD gw juga blom bisa

      Hapus
  30. Apakah saat LD kita bisa bertemu dengan seseorang?

    BalasHapus
  31. Min Misalnya Klo Di Tindih Gk Di Paksa Bangun Emngnya Gk Apa²??

    BalasHapus
  32. Min gw dulu kn prnah ps sd ngalamin mimpi dan saat sblum mimpi itu gw pengen banget punya ps3 dan saat gw tidur gw pengen banget punya ps3 Trus di mimpi gw gw dpt ps3 apa itu yg dinamainya Lucid Dream

    BalasHapus
  33. Min gw pernah mimpi entah berapa jam lamanya tapi pas bangun ternyata cuma selang beberapa menit setelah liat jam.. Apa itu juga lucid dream? Pernah juga baca buku dimimpi secara full page.

    BalasHapus
  34. Ane pernah mimpi ane bisa terbang kemana aja,dan rasanya itu enak banget.Apa itu termasuk Lucid Dream?

    BalasHapus
  35. min gw pernah tuh mimpi bangun dari tempat tidur , terus pas keluar kamar ada keluarga gw lagi ngobrol, terus pas gw mau naik tangga tiba" kepala gw jadi berat dan serasa terlempar dan gw kyk bangun tidur tapi gw sadar ternyata itu masih mimpi dan kejadiannya terulang lagi sampe yg ke 4 kali gw bangun beneran tapi keluarga gw bener" lagi ngobrol di luar kamar gw apa itu termasuk Sleep Paralysis/LD/AP ?

    BalasHapus
  36. Ane pas tindihan pasti kebangun.. Duh duh wkwkwk :v

    BalasHapus
  37. Ane pas tindihan pasti kebangun.. Duh duh wkwkwk :v

    BalasHapus
  38. min,misalnya w tidur dan mimpi(sadar)tanpa latihan apa itu LD?

    BalasHapus
  39. min gue pernah mimpi di ladang rumput ada angin, trus gue sadar gue lagi ngimpi, trus iseng pengen pisau, eh keluar pisau, pengen temen dateng, eh dateng temen, pengen temen cewek yang sombong bugil, eh beneran bugil, itu ap atau ld

    BalasHapus

Disqus Shortname

Comments system