Pages

Sabtu, 19 November 2016

Mengungkap Misteri Tembok Besar Cina Yang Bisa Terlihat Dari Bulan



Assalamualaikum. Kali ini kita akan membahas tentang tembok raksasa asal Cina yang sudah sangat dikenal ini.

Tembok raksasa China adalah bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Berupa rangkaian tembok-tembok yang lebih pendek, secara total panjang tembok raksasa China mencapai sekitar 8851 km. Dan disebut-sebut bahwa tembok ini bisa dilihat dengan mata telanjang dari luar angkasa, bahkan dari permukaan bulan. Benarkah?

      Jawaban singkatnya adalah tidak, itu tak lebih dari mitos. Jangan kata dari bulan, bahkan saat astronot berada di orbit rendah sekalipun, mereka takkan bisa mengenali tembok raksasa China dengan mata telanjang.

     Chris hadfield, astronot Kanada yang sempat berada selama 5 bulan di stasiun luar angkasa internasional ISS, menyatakan bahwa tembok raksasa terlalu tipis, juga konturnya terlalu mirip dengan sekitarnya, untuk bisa dikenali dari orbit. Demikian pula astronot pertama China yang pergi keluar angkasa di tahun 2003, Yang Liwei, mengatakan ia tak bisa mengenali struktur tembok raksasa China dari jendela kapsulnya.
Image result for Tembok Besar Cina Yang Bisa Terlihat Dari Bulan

   

     Foto di atas diambil dari ISS oleh astronot Leroy Chiao tanggal 24 November 2004, saat berada di orbit rendah. Diambil dengan lensa zoom 180 mm, foto di atas menampilkan wilayah dimana tembok raksasa sekiranya berada. Bisakah kalian kenali tembol raksasa dari gambar itu?

0 komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system