Pages

Rabu, 15 Juni 2016

Makhluk mitologi asal Jepang

Jepang adalah negara favorit Admin Dark selain Indonesia dan Amerika :3
Admin Dark suka jepang karna animenya, juga manga dan cosplaynya. Tapi Jepang juga memiliki banyak kisah misteri yang menyeramkan, termasuk Makhluk mitologi didalamnya, berikut adalah beberapa makhluk mitologi asal jepang yang berhasil Admin Dark rangkum:

1. Aburakago :

Oil Child

Pengucapan: ah-buh-rah-kah-goh
Area yang ditinggali: disekitar lampu, khususnya lampu minyak
Kekuatan khusus: Api, Ilusi
Tingkat Bahaya: tak mengganggu
Kesukaan: Minyak dan Lampu
Dibenci: orang jahat, tamak dan rakus 

Aburakago dalam mitologi Jepang disebut sebagai anak dari minyak. Dia berada di sekitar lampu minyak. Ada sedikit informasi tentang Yōkai aneh ini. Aburakago muncul dalam bentuk seorang anak kecil, dan cenderung tertarik berada di sekitar lampu minyak. Mereka selalu muncul disertai oleh satu atau lebih bola api, mungkin bola itulah yang disebut dengan Hitodama.


Sering menghisap minyak dari lampu niyak untuk bergerak lebih cepat. Beberapa cerita mengatakan bahwa aburakago adalah manifestasi dari para pencuri minyak , setelah mereka menjadi hantu,kebiasaan mereka terus berlanjut. Berbagai pendapat bermunculan untuk menceritakan asal usul dari mahluk ini, dan apapun pendapatnya yang pasti aburakago adalah mahluk misterius yang mempunyai perilaku aneh.

2. Abura Sumashi :

The Wise One of the Oil

Pengucapan: ah-buh-rah-soo-mah-shee
Area yang ditinggali: Hutan, Disekitar lampu minyak yang menyala.
Kekuatan khusus: Ilusi, Menghilang
Tingkat Bahaya: Sering mengganggu
Kesukaan: Minyak, Lampu Minyak, Kebijaksanaan.
Dibenci: orang yang suka merusak, orang yang tidak menghargai alam,
orang yang kejam, orang yang suka menindas. 

Ahura-sumashi adalah makhluk dari cerita rakyat dari Amakusa di prefektur Kumamoto.
Penampilannya yang aneh sudah cukup untuk memancing pertanyaan tentang asal usul hantu yang menarik ini. Diceritakan bahwa pada suatu masa, jika ada seorang biksu atau pendeta yang mencuri minyak, maka ia akan menjadi Abura-sumashi. Minyak tersebut digunakan untuk menyalakan lampu untuk menghangatkan badan. Abura –sumashi bersifat bijak, sangat tenang tetapi terkadang sedikit nakal dan bisa menyebabkan celaka, dan cerita tentang hantu ini masih terus berlanjut dijaman sekarang. Mahluk ini menggunakan baju dari rumput kering (yang biasa digunakan untuk melindungi badan dari hujan bagi orang jepang zaman dulu), serta membawa tongkat seperti layaknya para biksu budha. Menggunakan sandal kayu atau sandal jerami, Mahluk ini mempunyai sesuatu yang unik dikepalanya, yang mencerminkan ketenangannya,. Menonjol keluar dari Kepalanya yang bulat dan terbuat dari batu.

Walaupun ada sumber yang berbeda pendapat tentang mahluk ini, tetapi hamper di semua cerita Abura-sumashi digambarkan sebagai sesosok mahluk yang tenang dan walaupun sedikit nakal tetapi mahluk ini tidak pernah membahayakan orang, mahluk ini sangat bijak dan pintar. Ketika seseorang bercerita tentang Abura-sumashi biasanya orang tersebut mengatakan bahwa “dia berada disekitar kita sekarang!” jika para pendengarnya mulai gelisah dan melihat disekilingnya, maka Abura-sumashi yang memang sedang berada disekitar mereka akan segera menghilang. Abura-sumashi biasanya muncul pada musim dingin dan menyukai kehangatan yang dihasilkan oleh lampu minyak, Mahluk ini akan menghilang jika lampu tersebut mati. Adalah kesempatan yang baik jika bisa berbincang dan berteman dengan mahluk ini.

Catatan :
Hantu aneh nan menakjubkan. Abura-sumashi sangatlah menarik. Jenis hantu yang baik dan saya yakin jika anak anak senang jika melihatnya atau bahkan orang dewasa akan sangat tertarik oleh kebijaksanaan dan ketenangannya

3. Akaname :

Bathroom Lickers

Pengucapan: ah-kah-nah-meh
Area yang ditinggali: Kamar mandi, Toilet, Closet
Kekuatan khusus: Bergerak sangat cepat, bisa membersihkan segala sesuatu dengan lidah,
Tingkat Bahaya: Bermanfaat
Kesukaan: Toilet Kotor
Dibenci: Dikejutkan

Jika anda pernah mendengar suara bising yang aneh di dalam kamar mandi ketika tengah malam, mungkin itu bukanlah suara kecoa ataupun serangga rumahan lainnya. Mungkin saja, itu adalah suara yang ditimbulkan oleh Mahluk misterius Akaname yang tinggal ditoilet atau kamar mandi. Dengan adanya keberadaan mereka, bukan berarti kamar mandi tersebut harus dibersihkan, justru bagi mereka, lebih kotor lebih baik, tidak ada yang lebih mereka sukai daripada menjilat kotoran dan noda yang ada di kamar mandi.

Namanya mungkin berasal dari tubuhnya yang agak kemerahan dan ukurannya yang kecil, Akaname akan muncul dikamar mandi ketika mereka yakin bahwa orang orang didalam rumah telah tertidur lelap, mereka akan langsung menjilati seluruh ruangan kamar mandi! Tetapi, ketika seseorang datang, orang tersebut hanya akan melihat kelebatan akaname yang ketika itu akan langsung bersembunyi atau hanya mendengar suara langkah kaki Akaname didalam kamar mandi.
Mahluk ini benar benar menguntungkan walalupun kadang mengejutkan orang karena penampilanhnya yang aneh. Ini hanyalah sedikit kesalah pahaman kecil, Bukankan menjilati kotoran kamar mandi adalah hal yang bagus?

Aneh dan dihormati, Akaname datang dan pergi sesuka hati. Bagaimana cara mereka masuk kedalam rumah?Bagaimana cara mereka keluar? Bukan masalah, yang mereka mau hanyalah membantu kita, walaupun kadang hal tersebut kurang begitu kita perhatikan; mereka hanya mau noda noda dari kamar mandi kita! Jadi, memang penting menjaga kebersihan kamar mandi, tetapi mungkin anda bisa meninggalkan sedikit debu di pojok kamar mandi, atau noda noda di cermin akmar mandi. Siapa tahu, suatu malam anda beruntung bisa melihat sekelebat bayangan Akaname ketika anda terbangun untuk pergi kekamar mandi pada waktu tengah malam.

4. Amikiri :

Net Cutter

Pengucapan: ah-mee-kee-ree
Area yang ditinggali: perairan, khusunya yang sering dilaluipara nelayan
Kekuatan khusus: berenang dengan cepat, transformasi, ilusi
Tingkat Bahaya: mengganggu tanpa menyakiti
Kesukaan: memotong jala
Dibenci: mahluk tak tahu diri yang ingin menguasai segala hal.

Mahluk aneh nan menakjubkan, salah satu ras mahluk air yang bisa berubah wujud dan hidup didarat bahkan kadangkala terbang diudara layaknya mereka berenang di air. Mahluk ini memperoleh nama julukannya karena kebiasaannya jala ikan yang ekrapkali menghalangi pergerakan mahluk ini. Jala ikan para nelayan yang menghalangi ketika mahluk ini berenang didalam air akan diputus sampai menjadi serpihan serpihan kecil oleh capitnya yang tajam.

Tetapi, mereka hampir tidak pernah menyerang manusia, mahluk ini adalah jenis mahluk yang tenang walaupun penampilannya menakutkan. Gambaran umum tentang wujud amikiri adalah capitnya yang menyerupai capit lobster, ekor ular dan kepala mirip seperti burung camar. Beberapa sumber mencatat bahwa amikiri berukuran seperti hewan rumahan layaknya anjing atau kucing, ettapi ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa ukuran amikiri sebesar manusia, tepatnya seukuran anak anak.

Hampir sepanjang hidupnya dihabiskan didalam air dan jarang sekali terlihat keluar dari daerah perairan, tetapi, seperti umumnya siluman air, mereka bisa berubah wujud menjadi manusia ketika mereka berada didaratan. Alaminya, mereka tidak terlalu merasa nyaman berada didaratan terlalu lama

5. Ashimagari :

Sticky Steps

Pengucapan: ah-shee-mah-gah-ree
Area yang ditinggali: Biasa ditemukan pada jejak kaki ketika malam hari
Kekuatan khusus: menghilang, ilusi, lengket
Tingkat Bahaya: tidak berbahaya
Kesukaan: jahil
Dibenci: tidak diketahui

Orang orang yang berjalan dimalam hari adalah target utama dari siluman yang bernama Ashimagari. . mahluk ini muncul tepat didepan langkah para pejalan kaki, dan ketika orang tersebut menjejakan kakinya ketubuh mahluk tsb, maka orang itu akan sulit untuk menggerakan kakinya dan kaki mereka akan diselimuti benda seperti kapas tebal. Bagaimana pun mereka berusaha, kaki mereka tak aakan lepas sampai Ashimagari puas mengerjai mereka lalu menghilang tanpa bekas.

Siluman aneh yang tak pernah menyakiti orang,Ashimagari seringkali dikaitkan dengan siluman yang bernama tanuki atau tanuki itu sendiri yang bertransformasi menjadi bentuk lain ketika mengerjai pejalan kaki. Satu hal yang menyebalkan adalah, mereka sering membuat para pejalan kaki terjatuh.

Catatan :
Diantara silumanl lain, Ashimagari mungkin yang paling tidak menakutkan, hal terbaik yang hatus dilakukan ketika dikerjai oleh Ashimagari adalah, menunggu sampai mahluk tsb melepaskanmu, karena, semakin anda berusaha melepaskan diri, mahluk ini akan semakin erat menempel, setelah menunggu, maka mahluk tsb akan bosan lalu melapaskan anda, sehingga anda bisa melanjutkan perjalanan sambil membawa sebuah cerita menatik untuk diceritakan pada teman teman anda.
6. Akashita :

Red Tongue

Monter berbulu ini mempunyai nama yang berarti "lidah merah", dalam buku ketiga sekien toriyama yang berjudul Gazu Hyakki yako, mahluk ini digambarkan dengan sosok mahluk yang muncul dari balik awan gelap disebuah pintu air.

Nama mahluk ini diambil dari salah satu 6 tanda buruk dalam kalender penanggalan jepang, Shakko (berarti juga mulut merah), yang menandakan kesialan dan kekejaman.,. mahluk ini mirip dengan Shakusetsu - jin (dewa lidah merah) yaitu dewa yang menjaga gerbang barat dan juga mirip dengan salah satu nama raksasa dalam mithologi india.

7. Ama-no-jaku :

Makhluk yang menyerupai setan Jepang. Biasanya digambarkan sebagai semacam oni kecil, dan diperkirakan mampu menyebabkan keinginan yang paling gelap dan dengan demikian meyakinkan seseorang untuk melakukan perbuatan jahat. Ini adalah semangat kontradiksi dan penyimpangan.
Cerita ini terkenal dalam versi brutalnnya, dari cerita rakyat Uriko-hime, yang mana pada hari pernikahannya, sang terkasih putri melon, memakai kulit yang dikuliti nya untuk menyamar sebagai dirinya, dan kemudian ditemukan keluar dan dipukuli sampai mati.

8. Ame-furi-kozo :

Little Rainfall Boy

Suatu ketika ketika hujan menjelang senja, sesosok roh cuaca yang baik sesekalin terlihat berlarian dan bermain main dengan gembira. wujudnya seperti anak kecil yang membawa lampu kertas dan memakai payung kuno yang terbuat dari jerami, konon, roh ini adalah pelayan dari Ushi, dewa dari legenda china yang mempunyai kekuatan menurunkan hujan.

9. Ame-onna :

Rain Woman

Diceritakan bahwa mahluk ini sama dengan dewi gunung dari legenda China, yang berubah menjadi awan pada pagi hari dan mejadi hujan pada sore harinya. Roh perempuan ini lebih dikenal sebagai sosok dewi daripada sesosk hantu. Dia kadang terlihat sedang berjalan pada malam hari ketika hujan turun.

Para petani yang sangat bergantung pada hujan untuk mengairi sawah mereka selalu berharap akan kedatangan mahluk ini. Karena, kemanapun dia berjalan, hujan akan turun mengikutinya.

10. Ao-andon :

Blue Lamp Ghost

Pada jaman Edo, ada permainan populer pada masa itu, yaitu hyau monogatari atau "a hundred stories". Yaitu beberapa orang akan berkumpul dalam satu ruangan dimana ada 100 lilin dinyalakan didalam lampu andon yang dilapisi kertas biru untuk menciptakan suasana horor. lalu seratu cerita hantu akan diceritakan oleh orang orang dalam ruangan tersebut. ketika satu cerita selesai, maka satu lilin akan dimatikan. ketika cerita terkahir diceritakan dan ruangan berubah menjadi gelap, iblis yang dikenal dengan nama ao andon akan muncul.

11. Ao-bōzu :

Green Monk

Ketika gandum mulai berbuah, sesosok biksu dengan kulit berwarna hijau diceritakan akan muncul dari balik rerimbunan tanaman gandum yang masih berwarna hijau,. anak kecil yang dalam perjalan pulang melewati persawahan akan diculik oleh mahluk ini.
sekien toriyama menggambarkan mahluk ini seperti sesosok cyclops (raksasa dalam mithologi yunani),berkulit hijau mungkin saja dia terinspirasi oleh siluman lain yang serwujud seperti biksu. karena biasanya di jepang, siluman yang mempunyai wujud seperti biksu hanya memiliki satu buah mata.

12. Ao-nyōbō :

Blue Wife

Di reruntuhan istana istana kuno, mungkin saja anda bisa bertemu dengan iblis wanita ini, wujudnya adalah sesosok monster wanita dengan pakaian kerajaan, giginya hitam dan tidak memiliki alis,. Kabarnya, ia akan membunuh tiap laki laki muda yang ditemuinya.
13. Aosagi-bi :

Ketika malam hari, sesosok burung bangau bisa terlihat dengan matanya yang menyala serta bulunya yang putih memancarkan cahaya mistis. Dari kejauhan, burung itu terlihat seperti bola api.
14. Ayakashi :

Strange Sea Serpent
nama lain: Ikuchi

Konon sering dijumpai Di perairan jepang, AYAKASHI mahluk yang mirip dengan belut, tubuhnya tidak begitu besar tetapi panjangnya mencapai ribuan meter, jika ia melintas diatas perahu kecil, bisa menghabiskan waktu 2 – 3 hari untuk ia selesai melintasinya,. Jika ada orang yang menceburkan diri untuk kabur ketika AYAKASHI melintas diatas perahu, maka tubuh orang tersebut akan meleleh akibat minyak yang dikeluarkan dari kulit AYAKASHI.

15. Azuki-arai :

Azuki Bean Washer
nama lain : Adzuki-arai

Jauh dibawah air terjun pegunungan di seluruh jepang, anda mungkin bisa mendengar suara yōkai - shoki shoki, seperti suara seseorang yang sedang mencuci kacang merah azuki, kadang juga terdengar nyanyian

“Azuki togō ka, hito totte kuo ka, shoki shoki”
“haruskah aku mencuci kacang azuki miliku atau aku harus menculik seseorang untuk kumakan?shoki shoki?”

Walau nyanyiannya terdengar menakutkan, nyatanya AZUKI ARAI adalah mahluk yang sangat pemalu yangmana hanya mengganggu manusia dengan suara suara anehnya, tetapi jika ada orang yang berani mengganggunya, maka orang tersebut bisa ditenggelamkannya. AZUKI-ARAI sangat jarang terlihat, biasa wujudnya menyerupai anak kecil, orang tua cebol atau nenek nek yang sangat pendek.
 
1. Bakku :
Dream Eater
Pengucapan: bah-kuhArea yang ditinggali: tempat2 untuk tidurKekuatan khusus: Menghancurkan mimpiTingkat Bahaya: MenguntungkanKesukaan: Mimpi, Tidur nyenyakDibenci: Mimpi buruk, yang akan langsung dihancurkannya
Ketika tidur, kebanyakan orang akan berharap untuk bermimpi indah, atau setidaknya ga mimpi sama sekali. Tetapi, kadangkala disuatu malam, mimpi buruk datang menghantui... nah, malam malam seperti itu adalah malam yang tepat untuk kedatangan BAKU.. the dream eater.
Ketika mimpi buruk datang, jika kamu masih bisa tersadar melalui alam bawah sadarmu atau ketika kamu terbangun setelah mimpi buruk, cobalah untuk mengucapkan kata kata ini “Baku, devour this dream!”, maka Baku akan datang, memakan mimpi burukmu dan meninggalkan anda setelah anda tertidur pulas. Karena hal tsb, Baku adalah salah satu siluman yang lebih baik anda ketahui keberadaannya.

Dijepang, biasaanya para orangtua akan menceritakan tentang keberadaan dan kedatangan baku kepada anak anak mereka sebelum anak2 tidur. Wujud dan penampilan baku yaitu memiliki kepala seperti singa, badannya seperti kuda, kakinya seperti macan dan ekornya seperti sapi. Walaupun ada literature lain yang menyebutkan wujud lain dari Baku tetapi yang pasti, wujud Baku adalah paduan dari beberapa macam binatang.

Catatan :
Percaya atau tidak, setiap kali saya terbangun dari mimpi buruk saya selalu bilang “Baku, devour this bad dream” setelah itu saya tidur kembali dan mempimpikan sebuah cerita panjang yang cukup menarik dan berakhir pada pagi hari (*pernah 3 hari berturut turut loh). Ga ada salahnya loh klo anda mencobanya. Menurut literature, kadangkala Baku akan menampakan langsung wujudnya dihadapan anda, bagi yang merasa takut akan penampilannya yang mengerikan, silahkan tutupi kepala anda dengan bantal.

2. Bake-kujira : Ghost Whale
Pada suatu ketika, sesosok tengkorak ikan paus muncul di perairan perfektur Shimane, dengan dipandu oleh seekor ikan aneh dan kumpulan burung. Beberapa nelayan yang melihat mencoba melemparkan tombak ke arahnya, tetapi tak berpengaruh apapun. Hantu ikan paus tersebut kabarnya terus menyusuri perairan jepang dengan keanehan keanehan lainnya.
Ini lokasi kemunculan Bake-kujira :
3. Bake-neko :
Ghost Cat
Seluruh budaya dipenjuru dunia pasti mengenal segala sesuatu tentang kucing, mahluk yang kita bawa kerumah sebagai hewan peliharaan dan sangat jinak, tetapi juga memiliki insting sebgai predator sehingga mereka berguna sebagai pembasmi hama tikus, mereka hewan yang tenang serta berkembang biak dengan mudahnya. Dengan berbagai keistimewaan tersebut, maka tidak heran, dalam legenda jepang, kucing memiliki potensi untuk bertransformasi sebagai monster, sama seperti rakun atau rubah.

Pada masa lalu, ada kepercayaan bahwa bahwa jika seekor kucing dipelihara sampai berumur 13 tahun atau di literature lain diceritakan hanya 3 tahun atau seekor kucing memiliki berat sampai satu KAN ( sekitar 8 pon) maka kucing tersebut akan berubah menjadi BAKE NEKO, dengan kekuatannya , bake neko bisa berukuran sangat besar, hingga jika ia memasukan cakarnya kedalam pintu rumah untuk mencari mangsa manusia sama seperti ia memasukan cakarnya kedalam lubang tikus. Mereka juga bisa berubah wujud menjadi bentuk manusia, mereka akan membunuh manusia lalu meniru wujud manusia tersebut.
Cerita tentang BAKE NEKO yang sangat terkenal adalah cerita tentang seorang pria yang bernama TAKASU GENBEI yang kehilangan kucing setelah ia pelihara selama bertahun tahun, kejadian itu bersamaan dengan berubahnya kepribadian ibunya. Ibunya sering sekali mencuri makanan dari toko lalu membawanya kedalam kamarnya untuk dimakan. Ketika keluarganya mulai curiga, mereka mengintip kedalam kamar wanita tersebut dan melihat sesosok monster mengerikan dengan pakaian wanita sedang mengunyah mainan untuk binatang. TAKASU mencoba untuk tidak mempercayai apa yang ia lihat seiring dengan waktu berlalu, ibunya menghilang tetapi kucing peliharaannya kembali, suatu ketika waktu ia mengganti tatami di kamar ibunya, ia menemukan sesosok jasad wanita yang tinggal tulang belulang.
Kucing seringkali dihubungkan dengan kematian, dan kucing dipercaya akan menebarkan penyakit kepada orang yang membencinya, kadang di jepang kucing akan dikurung untuk menghindari berubahnya kucing tersebut berubah menjadi A KASHA, yaitu iblis berwujud kucing yang turun dari langit untuk mencuri mayat. Jenis BAKE NEKO yang emmiliki ekor garpu yang dikenal dengan sebutan NEKOMATA dipercaya sanggup mengendalikan mayat seperti boneka.
4. Bake-zori :
Ghost Sandal
Di suatu rumah, ada sebuah pelindung kaki yang diperlakukan dengan tidak layak, sebuah sandal ZORI tua hidup pada malam hari dan keluar dari gudang. Biasanya hantu ini berlarian didalam rumah dan berteriak teriak "kararin, kororin, kankororin! Mata tiga, mata tiga bergigi dua! Kata kata ini mungkin menyebut sandal GETA (sejenis bakiak) yang mana punya 3 mata (lubang yang dibuat untuk memasukan tali pegangan kaki) dan 2 gigi (alas kayu yang terdapat di bagian bawah sandal geta tsb).

5. Basan :
Berkokok di puncak gunung di sekitar perfektur ehime,di siang hari monster berbentuk unggas ini bersembunyi diantara hutan bamboo tetapi pada malam hari ia keluar dan berkeliling di sekitar perkampungan penduduk, bersuara aneh seperti “basabasabasa” berisik sehingga menimbulkan rasa penasaran orang untuk menengok keluar jendela, dan mereka tak akan melihat apa apa diluar sana. BASAN disecritakan juga bisa menyemburkan nafas api tetapi belum diketahui apakah mahluk ini berbahaya bagi manusia.
6. Betobeto san :
Footsteps
Jika di suatu malam anda berjalan dan mendengar langkah kaki mengikuti anda, lalu dengan rasa takut anda mencoba mnengok kebelakang dan tidak ada apa2 disana, berarti anda telah bertemu dengan hantu yang dikenal di perfektur NARA dengan nama BETOBETOSAN. Dikatakan jika anda berdiri di sisi jalan dan berkata “betobeto san silahkan duluan” maka suara langkah kaki itu akan berhenti dan anda bias melanjutkan perjalanan dengan tenang.
Lokasi Betobeto san :

Daidara-bocchi :
Di Jepang terdapat legenda tentang raksasa luar biasa bernama Daidara-bocchi, dengan ukuran dan kekuatan yang tidak mungkin, tetapi memiliki rasa humor. Dikatakan bahwa jejak kaki makhluk ini telah menciptakan cekungan, danau, dan kolam yang tak terhitung banyaknya. Dan dengan kekuatannya kadang dia menyalah gunakannya untuk memindahkan gunung-gunung dan sungai-sungai. Menurut salah satu legenda, berat tubuh Daidara-bocchi sebanding dengan berat Gunung Fuji dan Gunung Tsukuba bila diajdikan satu, dan ketika dia terjatuh, akhirnya membelah gunung itu menjaadi dua.


2. Doro-ta-bō :
Jaman dahulu, disebelah Barat Tokyo ada seorang petani miskin pekerja keras. Dia menggarap sebuah lahan yang tak terurus hingga mengubahnya menjadi sebuah lahan beras padi yang produktif untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Tetapi suatu ketika lelaki itu jatuh sakit, dan anak laki-laki satu-satunya yang malas dan tukang bohong, tidak seperti ayahnya, menghabiskan hari-harinya dengan minum-minuman dan mengabaikan lahan peninggalan ayahnya yang subur. Akhirnya lahan tersebut dijual ke pelmilik yang baru.
Tetapi roh pria tua itu tidak bisa beristirahat dengan tenang, melihat peternakannya dalam reruntuhan dan kerja kerasnya tak berarti ap-apa, dan suatu malam badannya bangkit dari lumpur, menangis menuntut agar lahannya dikembalikan. Sejak saat itu, setiap malam terang bulan, suara petani yang sudah mati tersebut terdengar dari kejauhan, meminta lahannya dikembalikan.
 
Inu-gami :


Dog God

Secara etimologis, inugami berasal dari 2 kata yaitu Inu, atau Anjing ditambah dengan kanji Gami yang berarti dewa dalam bahasa jepang..
Inugami merupakan salah satu Shikigami, atau roh pelindung keluarga yang hidup untuk membalaskan dendam tuannya.
Shikigami di buat melalui cara yang cukup kejam. yaitu dengan cara memenggal kepala anjing tetapi dengan cara yang menyakitkan dan menyiksa. anjing tersebut ditanam hingga hanya kelihatan kepalanya saja di tanah kemudian dipenggal dengan cara yang kejam.


Ada juga yang menyebutkan bahwa Inugami bisa dibuat dangan cara yang agak "ringan". yaitu dengan cara menanam anjing hangga hanya tampak kepalanya saja. lalu diberi makanan disekeliling lehernya tetapi tidak terjangkau hingga akhirnya anjing tersebut mati karena kelaparan.
Inugami sangat kuat. sumber buku jepang lama mengatakan kekuatan seorang (atau seekor) Inugami bisa melebihi kekuatan seribu samurai berpedang. inugami juga bisa memiliki keturunan dengan mengawinkannya dengan yokai lainnya ataupun dengan manusia biasa.
2. Ippon-datara :

One-Legged Blacksmith
Raksasa pemalu ini jarang ditemui oleh manusia, dan yang terlihat hanyalah satu baris jejak kaki besar, berkelok-kelok melalui pegunungan bersalju Prefektur Wakayama. Ippon-datara dianggap seperti manusia besar, seperti binatang dengan satu kaki dan satu mata. Hal ini juga dikabarkan bahwa Ippon-datara adalah ahli pandai besi, atau mungkin salah satu hantu.


Lokasi kemunculan :



3. Isonade :



Beach Stroker
Isonade adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk seperti hiu dengan tanduk di kepalanya serta memiliki tiga buah ekor dan tiga buah sirip, ia juga mampu mengendalikan air sesuai dengan keinginannya. Ia pertama kali ditemukan di perairan Yamagawa dan hidup di kedalaman perairan Jepang bagian barat. Setiap beberapa bulan dia akan keluar ke permukaan untuk menghirup udara. Ketika dia melakukan hal ini dia akan menimbulkan badai dan ombak di perairan sekitarnya, semua kapal didekatnya akan tenggelam dan kemudian dijadikan makanan oleh Isonade. Dia juga sering menyerang kapal-kapal yang berlayar di lautan bebas.


4. Itsumaden :

How long?
other names: Itsumade

According to the Taihei chronicles, in the autumn of the year 1334, this ominous bird spirit began appearing in the night sky above the capital's ceremonial hall. It would breathe fire and cry in a wretched and eerie voice, Itsumademo! Itsumademo!, "How much longer?! How much longer?!". The court nobles were all quite disturbed, and chose an expert archer to shoot the creature down. When the huge bird fell from the sky, it was found to be a chimeric beast with the body of a snake, a human-like face, claws like daggers, and a wingspan of around five meters. Apparently it had appeared around the time of a plague, when the bodies of the innumerable deceased were
being dumped on the capital's outskirts. The monstrous itsumaden, it is said, was born from the bitter spirits of all those abandoned dead, and flew about shrieking in sympathy for them.


It is also said that a person allowed to starve to death becomes an itsumaden, which haunts whoever refused to feed it in life, crying Itsumade, Itsumade; "How long, how long?", how long will I be neglected?


5.
Ittan-momen :
Ghost Cotton

Berkibar sepanjang langit malam di atas Prefektur Kagoshima, mkhluka yang nampak tidak berbahaya ini pada awalnya nampak tak lebih seperti sepotong kain putih sepanjang sepuluh meter, sampai jatuh ke korban manusia yang tak curiga dan melingkar di sekitar kepala dan leher, mencoba untuk membawa ke kematian dengan mati lemas.

Meskipun dalam penampilan ittan-momen yang tampaknya seperti semacam TSUKUMO-gami, seorang pria yang pernah menangkis serangan kain ini dengan pedangnya dengan darah yang tersisa di tangannya ketika hantu ini menghilang, mungkin menunjukkan bahwa makhluk ini adalah sejenis hewan bertransformasi.

Lokasi


1. Me-kurabe :


Staring Contest

Kiyomori, pemimpin yang kejam dari klan Taira, adalah sesuatu dari tokoh terkenal dalam sejarah Jepang, dan menjelang akhir hidupnya dikatakan, dia mulai menjadi gila dan sering dikunjungi oleh penglihatan dari dunia lain.

Suatu hari ketika Kiyomori memandang keluar ke halamannya, halamannya benar-benar penuh dengan tengkorak manusia, semua menggulung maju dan mundur. Dia tak gentar, dan berkeliling mencari pelaku yang masih hidup. Tapi kemudian tengkorak mulai menggelinding bersama dengan sendirinya, menumpuk setinggi gunung, semua memandang dengan pahit ke arah Kiyomori dengan bola mata seperti orang yang masih hidup. Apakah mereka adalah roh penyesalan dari semua orang yang dibunuh oleh orang ini?

Kiyomori masih tenang, dan dengan segera kembali menggeram menatap pada tengkorak. Mereka menghilang tanpa jejak.

2. Mujina :

Badger


Like the kitsune (fox) and tanuki (raccoon dog), the mujina is a small furry animal said to be a master of shapeshifting and of bewitching humans, and it may even be the most skilled of them all.
A mujina is said to have once taken up residence in an old temple and posed as a Buddhist priest. He went undetected for six years before thoughtlessly letting his tail show.
In actual species the mujina is rather nebulous; while it is often translated as badger, it might also be another name for the tanuki. Although one is a mustelid and one is a canid and they bear no close relation, at first glance the badger and raccoon dog have roughly the same shapes and markings. Without closer inspection they may be hard to tell apart, and it is not inconceivable that they were considered the same animal in times past.
In the English-speaking world, especially in Hawaii where the obake myths have their own following and numerous sightings, the name "mujina" is often erroneously used for another type of monster entirely, the faceless ghost called noppera-bō in Japan. This case of mistaken identity can be traced back to a famous story written by Lafcadio Hearn, called "Mujina" and concerning the faceless apparitions.

Noppera-bō were often considered to be transformations of tanuki or mujina, hence the title, which Hearn explained in his notes
 
1. Nekomata :


Forked Cat

Nekomata adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, dipercaya sebagai sebuah metamorfosis dari kucing peliharaan. Ia berasal dari Hutan Kematian di utara Hokkaido dan konon pertama kali ditemukan di Hutan Iblis Hokkaido, ia berasal dari Hutan Kematian (berbeda dengan hutan iblis) di utara Hokkaido. Bentuknya berupa monster kucing hitam raksasa, yang terkadang ditampilkan dengan dua sayap malaikat berwarna hitam yang besar. Dia adalah peliharaan Dewa Kematian. Nekomata hidup dari memakan mayat dan jiwa-jiwa orang mati.


Legenda mengatakan, awalnya Nekomanta hanyalah seekor kucing peliharaan yang sering disiksa pemiliknya. Setelah si kucing mencapai umur sepuluh tahun, secara perlahan buntutnya akan terbelah menjadi dua bagian, bersamaan dengan meningkatnya kekuatan nujum (shamanism) dan sihir (necromancy) si kucing. Beberapa orang yang mempercayai ini biasanya memotong ekor kucing mereka karena takut berubah menjadi monster.

Nekomanta memiliki berbagai macam ilmu sihir dan nujum, tetapi yang paling umum digunakan ialah membangkitkan orang mati dengan kehendaknya. Nekomata dikatakan dapat menciptakan dan mengontrol kematian dengan menggerakan buntutnya atau dengan gerakan kaki depannya. Nekomata memakan orang yang dibencinya, apabila pemiliknya lebih kejam, maka si kucing akan menjadi lebih sadis. Nekomata tidak akan pernah melupakan siksaan oleh seseorang dan akan menyimpan dendam selamanya pada orang tersebut. Bila orang itu sudah mati, maka kerabatnya akan didatangi oleh Nekomata dan dihantui terus menerus. Cara menenangkannya ialah memberikan penghormatan, permohonan maaf dan makanan.


Beberapa cerita rakyat Jepang juga mengatakan bahwa Nekomanta dapat merubah bentuk tubuhnya menjadi manusia; bagaimanapun, tidak seperti kebanyakan nekomusume, Nekomanta betina cenderung terlihat sebagai wanita tua, memiliki kepribadian buruk, dan selalu menebarkan aroma menyeramkan disekitarnya, yang jika dihirup dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan penyakit dan wabah.

2. Ningyo :


Mermaid

Ningyo (manusia ikan) sering diterjemahkan sebagai "putri duyung", adalah makhluk seperti ikan dari cerita rakyat Jepang. Zaman dahulu, ini digambarkan dengan mulut seperti monyet, gigi kecil seperti ikan, sisik emas bersinar, dan suara yang tenang seperti bergembira-ria atau suling. Dagingnya enak, dan siapa pun yang memakannya akan mencapai umur panjang yang luar biasa. Namun, menangkap Ningyo dipercaya membawa badai, dan bencana, jadi nelayan yang menangkap makhluk-makhluk itu berkata kepada mereka untuk melemparkan kembali ke laut. Seekor Ningyo yang dicuci ke pantai adalah pertanda perang atau bencana.


3. Noppera-bō :



Faceless Ghost
other names: Zumbera-bō


Obake yang kerap menampakan diri sebagai manusia tanpa wajah. Nopperabou dikenal dengan mahluk iseng yang suka menakut-nakuti orang, namun untungnya tak membahayakan, kecuali bagi orang yang lemah jantung. Terkadang mahluk ini muncul dengan menyerupai sosok seseorang yang kita kenal, namun ketuka mendekatinya, iya akan menunjukkan wajahnya yang polos: tanpa hidung, mata dan mulut. Nopperabou sering disalahartikan dengan mujina, kata kuno yang figunakan untuk luak ataupun tanuki.

Hal ini dikarenakan Lafcadio Hearn, seorang folkloris, pertama kali mengenalkan ke dunia barat kisah tentang mahluk tanpa wajah ini dengan judul "Mujuna". Mujina dikenal sebagai hewan yang mampu berubah menyerupai sesuatu, termaksuk berpura-pura menjadi manusia tanpa wajah, namun mujina sama sekali bukan nopperabou.


Selain di Jepang, Nopperabou juga pernah menampakkan diri di Hawaii sekitar bulan Mei tahun 1959.
Berikut ini adalah sebuah kisah tentang mujina (nopperabou) yang ditulis oleh Lafcadio Hearn dalam Kwaidan pada tahun 1904. Kisah ini ditulis berdasarkan cerita dari nara sumebr yang langsung mengalaminya dan juga didukung lokasi kejadian yang benar-benar ada di Tokyo.

Di jalan Akasaka Tokyo. Ada sebuah tempat yang disebut dengan Kii no Kunizaka. Nama tersebut memiliki arti 'Lereng Kii no Kuni'. Aku tak tahu mengapa tempat itu disebut seperti itu. Di satu sisi lereng ini kamu bisa melihat sebuah parit kuno yang dalam dan amat lebar, dengan saluran-saluran air yang mengalir ke taman-taman disuatu tempat. Di satu sisi lainnya, kamu akan melihat tembok kokoh istana kaisar yang panjang dan tinggi. Sebelum era merebaknya penggunaan lampu jalanan dan para penarik becak, daerah sekitar lereng itu amat sepi bila hari telah gelap. Para pejalan kaki yang kemalaman akan memilih jalan memutar yang lebih jauh daripada Kii no Kunizaka sendirian pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan adanya mujina yang kerap berkeliaran di tempat tersebut. Orang terakhir yang pernah bertemu dengan mujina tersebut adalah seorang pedagang tua dari Kyobashi yang telah wafat sekira 30 tahun yang lalu.

4. Nue :


Nightmare Chimera

Makhluk misterius ini biasanya digambarkan memiliki kepala monyet, tubuh seorang anjing racoon, tangan dan kakinya dari harimau, dan ular ekor.

Kisah yang paling terkenal yang melibatkan nue terjadi pada tahun 1153, di istana kekaisaran di Kyoto. Kaisar Konoe mulai mengalami mimpi buruk yang mengerikan setiap malam, sampai-sampai ia jatuh sakit, dan tampaknya bahwa sumber adalah awan gelap yang muncul di atap istana setiap malam pada pukul dua pagi. Masalah ini akhirnya diselesaikan oleh Yorimasu Minamoto, yang keluar ke atap pada suatu malam dan menembakkan anak panah ke dalam awan gelap itu, dan jatuhlah nue yang sudah mati. Yorimasu kemudian mengambil tubuh nue dan menenggelamkannya ke Laut Jepang.

Sebuah sekuel cerita, di mana suatu mayat nue mengapung di suatu teluk dan penduduk setempat, karena takut akan kutukan, kemudian menguburkannya. Di gundukan di mana terletak binatang masih dapat dilihat sekarang.

Lokasi


5. Nurarihyon :


Slippery

Yōkai lain yang ditemukan di periode Edo, Nurarihyon. Digambarkan di sini sebagai sebagai laki-laki tua berpakaian baik dengan kepala botak yang panjang. Legenda Prefektur Okayama kuno menggambarkan Nurarihyon sebagai makhluk laut yang ditemukan di Pedalaman Laut Seto, sering terlihat terombang-ambing di sekitar permukaan air seperti beberapa jenis ubur-ubur raksasa atau gurita. Nurarihyon menghindari penangkapan dengan menyelam di dalam air, ketika orang pendekatan untuk menyelidiki.


Pada zaman Edo, Nurarihyon kemudian dikenal sebagai laki-laki tua yang misterius dengan kemampuan luar biasa untuk menyelinap ke rumah-rumah dan "mengambil alih." Ketika sebuah rumah penduduk dijumpai dia duduk sambil minum teh, maka mereka tidak dapat mengusirnya keluar tapi memperlakukan dia sebagai kepala rumah tangga. Nurarihyon dikatakan sebagai sosok yang sangat dihormati di dunia Yōkai.


6. Nuri-botoke :



Painted Buddha
Sebuah rakasa dengan mata keluar tergantung dari saraf optik, terlihat di Yakō Gazu Hyakki dan berbagai gulungan gambar periode Edo. Dalam gambar Sekien adalah sosok kecil yang muncul dari sebuah rumah tangga altar Budha, dalam gulungan gambar dia brwujud besar, dengan kulit hitam pekat. Pada gambar terakhir, sesuatu seperti ekor binatang berbulu atau ikan tailfin menggantung dari pinggangnya, mengisyaratkan bahwa para seniman membayangkannya sebagai transformasi atau kepemilikan yang dilakukan oleh beberapa hewan liar.

Kata hotoke (botoke dalam senyawa) berarti seorang Buddha, tapi secara halus juga diterapkan untuk orang mati, untuk mayat-mayat dan korban jiwa. Kadang-kadang ritual mayat dicat dengan tanah liat untuk melindungi mereka dari pengaruh roh-roh jahat, sehingga nuri-botoke muncul menjadi mayat di mana jimat telah gagal.


Menariknya, Kawanabe Kyōsai melakukannya dengan eufemisme dan menafsirkan rakasa ini sebagai Buddha yang sebenarnya seperti pada gambar, dengan rambut digulung dan lingkaran cahaya di balik wajah aneh.
 
1. Jorōgumo :

Prostitute Spider
other names: Rakushinpu 絡新婦 (Entwining Bride), Madara-gumo 斑蜘蛛 (Spotted Spider)

Jorougumo adalah youkai laba-laba betina yg bisa berubah wujud jadi wanita yg amat jelita. Konon setelah mencapai usia 400 tahun laba-laba betina akan berubah jadi Jorougumo. Ia memanggil mangsa yg tentu saja laki-laki dengan alunan biwa yg dipetiknya. Laki-laki tersebut akan terhipnotis dengan suara biwa dan akhirnya jadi santapan Jorougumo.

2. Jubokko :

Arborous Child
Sebuah pohon raksasa yang muncul dalam ensiklopedia setan sang kartunis Shigeru Mizuki. Mizuki menggambarkan bahwa pohon ini tumbuh di sisa-sisa medan pertempuran di mana banyak orang telah meninggal. Pohon mengembangkan rasa untuk darah dan menyeddot dari setiap orang yang tidak curiga yang berhasil ditangkap.

Peneliti-peneliti setan/ makhluk halus Kyogoku Natsuhiko, Tada Katsumi, dan laporan Kenji Murakami Namun, bahwa mereka tidak dapat menemukan jejak tanaman vampir ini dalam catatan cerita rakyat, sastra lama, atau benar-benar sumber manapun yang ada sebelum jaman Mizuki. Mereka menduga ini adalah penemuan nya, tapi rupanya Mizuki suka merahasiakan sumbernya. 
 
Dalam perjalanan budaya popular di periode Edo (1603-1868), hal yang menarik perhatian adalah munculnya sosok-sosok aneh dalam kepercayaan tradisional masyarakat Jepang saat. Terkadang sosok-sosok tersebut terkadang hadir dalam wujud yang menakutkan, menggelikan, namun demikian sosok mahluk yang terdapat di dalam perkembangan kepercayaan dilukiskan begitu artistik dan literasinya pun tertata, tersimpan baik. Salah satu bukti keberhasilan literasi periode Edo adalah gulungan kertas Hyakkai Zukan, sebuah kumpulan gambaran yang  diselesaikan pada 1737 oleh Sawaki Suushi –seorang seniman yang belajar di bawah bimbingan Hanabusa Itcho (1702-1772). Hyakkai Zukan adalah sebuah naskah yang berisikan gambar, ilustrasi, mahluk-mahluk menakutkan. Berikut 10 monster legenda masyarakat Jepang periode Edo:

1. Nure-onna

Nure-onna (perempuan basah), sesosok mahluk amfibi yang memiliki kepala perempuan dengan tubuh berupa ular raksasa. Nure-onna hadir dalam berbagai cerita legenda masyarakat Jepang, namun ia senantiasa digambarkan berupa ular besar panjang dengan kepala-wajah manusia bermata ular pula. Nure-onna  memilik taring dan cakar yang panjang. Sosok Nure-onna biasanya terlihat di sekitar perairan sedang mencuci rambutnya yang panjang. Dalam suatu legenda lainnya, ia digambarkan selalu membawa seorang bayi –sebagai umpan untuk mendapatkan mangsa. Dalam versi cerita lainnya, Nure-onna menggunakan lidah panjang dan kuat untuk menghisap darah mangsanya.

2. Uwan/Youkai

Dalam legenda kuno Aomori, Uwan ataupun Youkai adalah sosok mahluk yang kehadiranya diwakili dengan suara, kuil dan rumah tua adalah tempat yang disenanginya. Dikabarkan, jika seseorang memasuki rumah yang dihantui, maka mahluk ini akan mengeluarkan suara yang menusuk pendengaran, dan kata yang terdengar adalah “Uwan!”

3. Mikoshi-nyudo

Mikoshi-nyudo merupakan sosok pendeta, bertubuh besar, memilik sepasang mata juling, ia senantiasa terlihat, tampil seperti seorang pengembara berdiri di pinggiran jalan pegunungan ataupun jalanan sepi. Sebuah fenomena menarik yang terjadi jika kita melihatnya, tubuhnya akan semakin besar dan tinggi seiring dengan lamanya mata kita menatap. Dan jika Kita melihatnya cukup lama, maka kematian dipastikan akan mati. Namun ada cara untuk membuatnya pergi dari pandangan kita, yaitu dengan mengatakan “mikoshita” (aku lebih tangga). Identitas sebenarnya Mikoshi-nyudo tidaklah diketahui, namun di beberapa wilayah, ia dipercaya bisa berubah wujud.

4. Yama-warau
Yama-warau (alias Yama-waro), sosok mahluk berambut ‘jabrik’ dan hanya memiliki satu mata, setiap musim dingin ia akan pergi ke arah pegunungan. Ukuran tubuhnya menyerupai anak kecil. Ia dikabarkan selalu membantu para penebang pohon untuk melakukan tugasnya –selama ia diberi minuman keras dan nasi. Ia akan kembali menolong para mereka yang membutuhkan batang pohon sebagai kayu bakar untuk menghangatkan tubuhnya.
Ia adalah mahluk sejenis Kappa, sosok mahluk dengan segudang pikiran piciknya, olahraga kesukaannya adalah sumo. Yama-warau  akan memasuki rumah dengan paksa hanya untuk menumpang mandi, kelebihan mereka adalah kepekaan rasa. Ia akan selalu tahu semua niat jahat yang akan menimpanya, sehingga akan selalu dapat menghindari marabahaya.

5. Inugami
Youkai: Inugami --
Inugami (dewa anjing), sejenis roh yang menyerupai anjing dan bertingkah seperti anjing penjaga. Inugami sangat kuat dan setia, dan ia senantiasa akan melakukan pembalasan terhadap mereka yang menzalimi ‘majikannya’. Namun untuk sebuah alasan ia akan menyerang sang ‘majikan’ jika dirasa perlu. Inugami pun memiliki kemampuan untuk merasuki tubuh manusia.

6. Ouni
Youkai: Ouni --
Ouni, sosok perempuan tua dengan bibir lebar, dari telinga kanan ke telinga kiri. Ia senantiasa menampakkan diri memakai jubah panjang dengan rambut terurai menutupi sekujur tubuhnya. Berdasarkan legenda Niigata tua, Ouni pada suatu hari ia bergabung ke dalam sekumpulan perempuan yang sedang merajut jerami. Ouni kemudian meminta salah seorang dari mereka untuk memberinya jerami, dan setelah mendapatkan jerami para perempuan tersebut terkejut karena Ouni memasukan jerami ke dalam mulutnya yang besar dan jerami yang keluar berupa karpet. Setelah Ouni selesai membantu para perempuan dalam mengerjakan kerajinan rajut jerami, ia akan keluar dan mengjhilang begitu saja. Berdasarkan legenda, Ouni meninggalkan jejak di atas sebuah batu, hingga saat ini bukti tersebut masih bisa dilihat.

7. Kami-kiri
Kami-kiri (pemotong rambut), sosok hantu yang dikenal seuka menyelinap, membuntuti seseorang untuk mencukur rambut mereka. Sosok hantu ini selalu mengganggu mereka yang sedang menjalin asmara bahkan pernikahan di luar kebiasaa dan kepatutan, misalnya seorang manusia menikahi siluman ataupun iblis. Kami-kiri akan mencoba menunda ataupun mencegah terjadinya perkawinan antara mahluk lain jenis. Kehadirannya dikatakan untuk mencegah kesalahan besar manusia dan mahluk supranatural.

8. Ushi-oni
Yōkai: Ushioni --
Ushi-oni (牛鬼?, secara harfiah berarti Oni (setan) sapi), atau gyūki, adalah makhluk yang muncul dalam cerita rakyat Jepang. Ada berbagai macam ushi-oni, semuanya merupakan sejenis monster dengan tanduk dan kepala sapi.
Ushi-oni populer sebagai simbol perlindungan dalam Ushi-oni-matsuri, yang berlangsung pada akhir bulan Juli di Uwajima, Prefektur Ehime. Seperti para penari naga pada perayaan tahun Baru Imlek, ushi-oni tersebut dilambangkan dengan kostum besar untuk dipakai banyak orang, dengan tubuh dari kain dan kepala penuh ukiran dan dipegang dengan galah. Ekornya berupa pedang, dan diyakini sebagai penolak bala.

9. Nurarihyon

Yōkai lain yang ditemukan di periode Edo, Nurarihyon. Digambarkan di sini sebagai sebagai laki-laki tua berpakaian baik dengan kepala botak yang panjang. Legenda Prefektur Okayama kuno menggambarkan Nurarihyon sebagai makhluk laut yang ditemukan di Pedalaman Laut Seto, sering terlihat terombang-ambing di sekitar permukaan air seperti beberapa jenis ubur-ubur raksasa atau gurita. Nurarihyon menghindari penangkapan dengan menyelam di dalam air, ketika orang pendekatan untuk menyelidiki.

Pada zaman Edo, Nurarihyon kemudian dikenal sebagai laki-laki tua yang misterius dengan kemampuan luar biasa untuk menyelinap ke rumah-rumah dan "mengambil alih." Ketika sebuah rumah penduduk dijumpai dia duduk sambil minum teh, maka mereka tidak dapat mengusirnya keluar tapi memperlakukan dia sebagai kepala rumah tangga. Nurarihyon dikatakan sebagai sosok yang sangat dihormati di dunia Yōkai.


10. Mehitotsubou

seorang biarawan besar dengan mata besar, adalah varian dari bentuk-pergeseran biarawan besar yang biasa ditemukan dalam cerita rakyat Jepang.
Ketika gandum mulai berbuah, sesosok biksu dengan kulit berwarna hijau diceritakan akan muncul dari balik rerimbunan tanaman gandum yang masih berwarna hijau. Anak kecil yang dalam perjalan pulang melewati persawahan akan diculik oleh mahluk ini.

Sekien Toriyama menggambarkan mahluk ini seperti sesosok cyclops (raksasa dalam mithologi yunani), berkulit hijau mungkin saja dia terinspirasi oleh siluman lain yang berwujud seperti biksu. Karena biasanya di jepang, siluman yang mempunyai wujud seperti biksu hanya memiliki satu buah mata.
 
Oni (setan)
Adalah sejenis makhluk jahat yang punya kekuatan besar yang datang dari neraka untuk mengganggu kehidupan manusia di bumi. Dalam cerita ato legenda di jepang Oni digambarkan berwajah serem dengan gigi taring yang mencuat,bertanduk dan berkulit merah (tapi ada juga warna laen kok). Oni digambarkan setara dengan iblis dan setan-setan khas Eropa, kalau di indo mungkin bisa disamain sama Buto ijo kali ya haha.











Kitsune
Adalah sebutan untuk rubah dalam bahasa jepang. Dalam cerita rakyat jepang,rubah sering ditampilkan dalam berbagai gerita sebai makhluk yang cerdas dengan kempuan sihir yang semakin sempurna dengan semakin bijak dan tua umur rubah tsb. selain itu, Kistune juga bisa berubah menjadi manusia. Kalau dalam legenda sih Kitsune ini sering diceritakan sebagai penjaga, teman, kekasih, atau bahkan  istri. Dalam kepercayaan shinto, Kitsune disebut inari yang bertugas sebagai pembawa pesan dari Kami (Dewa). Tapi ada juga yang menceritakan Kitsune ini sebagai iblis yang merusak atau bahkan membunuh manusia,seperti hagoromo-gitsune dan kyubi (di anime naruto).


















Kuchisake-onna (Wanita Bermulut lebar)
Ini merupakan salah satu legenda yang terkenal di jepang. Sesuai dengan namanya, makhluk ini berwujud wanita dengan mulut lebar, ujung bibirnya nyampe telinga,,iih banyangin tuh serem ngak?, katanya sih konon wanita ini merupakan korban dari operasi gigi yang gagal,sampe mulutnya robek. Karena marah, wanita ini membunuh dokter yang mengoperasinya, setelah itu dia keluar sambil menutup mulutnya dengan kain. Kemudian wanita itu bergentayangan dan berubah menjadi Yokai. Di jalan yang sepi, Kuchisake-onna sering bertanya pada anak-anak yang berpapasan dengannya,”apakah dia cantik atau tidak ?”. beberapa mitos yang aq baca bila mengatakan cantik,maka nyawa anak itu selamat,kalau dia menjawab sebaliknya maka akan dibunuh.











OKiku
Ada sebuah sumur yang dihuni oleh hantu okiku di kasitil Himeji, Kobe. Konon katanya Okiku adlah pelayan yang sangat setia pada tuannya dan diam-diam mencintainya. Jasa besar Okiku yang berhasil menggagalkan rencana pembunuhan pada tuannya, ternyata berujung maut. Salah satu prajurit yang rencananya digagalkan oleh Okiku ini berniat balas dendam pada Okiku.
Saat itu salah satu tugas Okiku adalah merawat 10 buah piring berharga kesayangan tuannya. Prajurit itu mencuri sebuah piring untuk memfitnah Okiku sebai pencurinya (kejem ya), dan ternyata tuannya malah percaya gitu aja kalau Okiku yang mencurinya (bego tuannya), dia disiksa kemudian di celupkan ke dalam sumur.
Sejak saat itu, setiap dini hari terdengar suara tangis dan suara menghiitung dari dalam sumur itu. Suara menghitung itu hanya sampai hitungan ke-9 aja,kemudian berubah menjadi lengkingan tangis yang serem,karena dia ngak berhasil menemukan piring ke-10.



  








ini sumur tempat okiku di celupin......



座敷童子 (Zashiki Warashi)
Zashiki Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang mungking seringkali nakal daripada membahayakan.Dia bisa juga disebut Zashiki-bokko. Sementara Zashiki sendiri bisa diartikan sebagai tatami (kayak karpet gitu loh), sementara Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki Warashi seperti anak kecil yang usianya sekitar 5-6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Kalau di indo mungkin bisa di sebut tuyul kali ya?!,, Biasanya Zashiki Warashi berkeliaran di sekitar rumah dan biasanya cari-cari perhatian dengan macam-macam cara, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk diats futon, dan menurut cerita hantu ini lebih senang menampakkan diri pada anak kecil daripada sama orang dewasa.
.



















Kesaran Pasaran
adalah makhluk yang konon dapat memberikan keberuntungan pada pemiliknya. wujudnya seperti gumpalan bulu berbentuk bola. Ukurannya kecil, kurang lebih sebesar bola pingpong. Legenda mengatakan bahwa Kesaran Pasaran adalah bulu sayap malaikat yang jatuh ke bumi.
 
















Bijuu(尾獣)
adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang. Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh daerah Jepang. Kekuatan chakra/stamina mereka diklasifikasikan melalui banyaknya jumlah ekor mereka.
Para bijuu ini hanyalah mitos yang ada di Jepang. Kabarnya roh-roh mereka disegel di 9 kuil di Jepang. Para bijuu ini juga ada mahluk yang setengah dewa maupun peliharaan dewa. (Raijuu dulunya adalah dewa sebelum kekuatan kegelapan Yamata no Orochi membuatnya menjadi monster. Nekomata juga adalah peliharaan dewa kematian)
Anime yang ada Bijuu ini kaya : Naruto, trus di Nube juga ada....untuk lebih jelasnya tentang Bijuu tunggu di post berikutnya yak,,nanti akan gw bahas special deh tapi ngak pake telor ya ^.^

ini imagenya dari anime naruto hhe.....

















yup lanjut.................


Kappa
Adalah salah satu jenis peri air yang ada dlm cerita rakyat Jepang. Kebanyakan gambarannya kappa tu humanoid seukuran anak-anak, trus menyerupai kodok daripada manusia. Beberapa keterangan sih nyebutin kalau face nya si kappa ini seperti kera, sementara yang lain memperlihatkan facenya berparuh dan lbih mirip kura-kura atau bebek. Kalau menurut gw sih lebih ke fusion antara manusia+ kodok+ kura-kura (digi Xros....kappa X2 wkakakak). /* maaf pas nulis ini lagi nnton digimon Xros soalnya, jadi kebawa deh hhe*/
Trus makanan favoritenya si kappa ini adalah anak-anak kecil, meski mereka juga memakan yang dewasa juga. Mereka memakan korban-korban malang ini dengan nyedot keluar shirikodama(尻子玉)artinya jeroannya kek usus, darah , liver, atau”daya hidup”, tapi sebenarnya tergantung legendanya juga sih, soalnya se tau gw kappa tu sukanya makan timun.


















Nekomata
Adalah  sebuah dari cerita mitologi Jepang, mereka dipercaya sebagai sebuah metamorfosis dari kucing peliharaan kayak yang di rumah kalian tuh. Dia berasal dari hutan kematian di utara Hokaido dan konon pertama kali di temukan di hutan Iblis Hokaido. Si Neko(kucing) ini berasal dari hutan kematian ( beda dengan huan hutan iblis) di utara Hokaido. Bentuknya berupa monster kucing item raksasa, sebenarnya si Neko ini masuk dalam jenis Bijuu juga lho.....gambarnya ada di atas tuh.

Tengu
Adalah salah satu Dewa penunggu gunung, atau youkai yang ngak lepas dari gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta yamabushi. Tengu memiliki hidung yang panjang, bukan berarti dia suka bohong lho,wajahnya kebanyakan warnanya merah, punya sepasang sayap,dan kuku kaki dan tangan yang sangat panjang.
Tengu biasa terbang di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongōzue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Kerjaannya adalah menghalangi orang yang ingin mendalami agama Budha. Nama lainnya adalah Gehō-sama (外法様 / tuan sihir). Kalau gw sendiri sih Cuma tau 2 jenis Tengu Karasu Tengu ma Dai Tengu.


ini namanya karasu tengu


Tsuchinoko (ツチノコ)
Adalah hewan yang dilaporkan ada di Jepang tapi belum pernah bisa dibuktikan (cryptid). Bentuknya seperti ular namun perutnya gendut mirip botol atau pin boling dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus. Hewan ini dilaporkan pernah "dilihat" saksi mata di berbagai tempat di Jepang, kecuali di Hokkaido dan Kepulauan Ryukyu. Hingga kini, tsuchinoko belum pernah berhasil ditangkap ,entah saksi matanya takut nangkapnya atau Tsuchinokonya yang kabur duluan. Beberapa pemerintah daerah di Jepang menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi orang yang berhasil menangkap tsuchinoko. Hadiah uang sebesar 100 juta yen,wuih banyak juga yak. pernah ditawarkan kota Itoigawa, Prefektur Niigata.
Kemungkinan besar, orang hanya salah lihat saja. Perut ular yang baru saja menelan mangsa berukuran besar akan membesar seperti sosok tsuchinoko. Selain itu, tsuchinoko mirip dengan kadal genus Tiliqua yang masuk ke Jepang sebagai hewan peliharaan sejak sekitar tahun 1970-an. Kadal tersebut memiliki kaki yang kecil dan hampir tidak terlihat, sehingga di tengah kerimbunan dapat disangka sebagai tsuchinoko.


Kodama 
Youkai pohon yang berbentuk seperti manusia. Kodama akan membalas dendam pada manusia jika ada manusia yang menebang pohon sembarangan dengan tidak bertanggungjawab. Kodama termasuk hantu yang baik. Mereka kabarnya juga suka berbagi pengetahuan dan kebajikan dengan orang yang yang bisa berkomunikasi dengan mereka. Wah yokai kayak gini harusnya di sebarin ke seluruh dunia dong jagan di Jepang aja, kan lumayan bisa ngurangin penggundulan hutan sama mencegah global warming hhe...SAY : GO GREEN !!

















Amikiri
Kebanyakan Youkai jenis ini tinggal di bawah air. Berwajah menyeramkan dan kadang-kadang menyerang manusia. Amikiri bisa hidup di darat dan merubah wujudnya menjadi manusia. Amikiri jadi teman baik manusia jika manusia tersebut menghargai alam sekitarnya.




















Kasa obake
Hantu payung yang digambarkan sebagai payung bermata satu dan lidahnya terjulur,tentunya kalian dah tahu hantu ini dong. Penopangnya adalah satu kaki (gagang payung) yang memakai sandal kayu. Hantu ini suka beterbangan saat hujan turun, dan kabarnya suka bermaindengan anak kecil.
Hal yang aneh tentang si Kasa-obake ini adalah bahwa mereka mempunyai nama mereka sendiri, hanya untuk memisahkan mereka dari Tsukumogami lain. Memang benar, Kasa-obake kan nama setang payung ^^.



Yuki Ona (yukime)
Youkai berwujud wanita cantik yang muncul di daerah pegunungan bersalju. Suka muncul di hadapan lelaki2 muda, dan menggoda agar lelaki tersebut mau menciumnya. Ciumannya akan membuat orang menjadi balok es. Untuk yokai ini nanti juga akan gw bahas special story nya,soalnya ini salah satu youkai favorit hhe.





























yg ini yuki onna di anime nurarihyon  no mago,kawaaai pisan ui






Sunakake Babaa
Bukan hanya manusia lho yg punya hobi gajes alias ANEH, youkai pun ada juga yang kayak gitu, hobinya suka melempar pasir ke orang dan akan membuat orang tersebut kehilangan penglihatan ato minimal kucek2 lah. Setelah itu, dia akan tertawa lalu ngilnag..JIAAAAH  .XD.
















kayak gini nih youkai nya ^^


Heikegani
Kepiting Heikegani adalah salah satu spesies artropoda asli Jepang. Asalnya, mitos Jepang menyatakan bahwa kepiting ini menanggung wajah Heike samurai yang tewas dalam pertempuran Dan-no-ura, dan memang tubuh kepiting ini mirip wajah manusia. Carl Saham mengatakan, di masa lalu, orang-orang Jepang hanya memakan kepiting Heikegani yang tidak mirip wajah samurai agar mereka bisa selamat dan mendapat keturunan. Kalo sekarang sih, kebanyakan kepiting ini memiliki tubuh yang menyerupai wajah manusia (meski hanya berdiameter 1 atau 2 inci).















Nuppeppo
Ngak banyak informasi tentang Nuppeppo. Nuppeppo adalah setan gumpalan daging manusia. Mereka berjalan dengan tangan dan sering ditemukan di kuburan atau kuil kosong tengah malam. Dari mana mereka datang? Mengapa mereka hidup? Apa bau mereka menyengat? Mengapa kebanyakan gambar mereka terlihat lucu? Entah gw juga ngak tau !!















Makura-gaeshi
Yang unik dari cerita rakyat Jepang adalah karena banyak youkai yang suka melakukan hal yang aneh-aneh,ini salah satunya. Makura-gaeshi adalah roh jahil yang terkenal suka menggeser bantal saat orang tidur, entah itu hobinya atau apalah??, tapi beberapa sumber mengatakan mereka juga suka menaburkan pasir di mata manusia dan mencuri jiwa, tapi yang paling dikenal dari kejahilan hantu ini adalah suka menggeser bantal. Tidak ada cerita yang menjelaskan seberapa jauh bantal dipindahkan, tapi kebanyakan menceritakan mereka hanya menjauhkan bantal tesebut saat pwmiliknya tertidur pulas.



















Mokumokuren
Mokumokuren juga salah satu dari setan Jepang yang punya hobi GAJES. Di zaman Jepang kuno, pintu geser kan terbuat dari kertas biasa. Tentunya kertas tersebut bisa berlubang dan sobek, nah Mokumokuren adalah roh yang mendiami kertas pintu geser yang berlubang itu. Jika pemilik pintu geser ceroboh dan kertasnya banyak lubang, banyak pula Mokumokuren yang ngintip lewat lubang itu. Memang hal ini agak menakutkan. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan Mokumokuren ya pintunya di perbaikin, niminal di tembel lah.


Konak jiji 
adalah makhluk kecil yang jahat. Hantu ini berbentuk bayi dan bersembunyi di daerah pegunungan terpencil menunggu pejalan kaki lewat. Ketika korban sudah di depan mata, Konak jiji mulai menangis, dan pejalan kaki yang punya hati tentu akan mencari dan menghentikan tangisan bayi dengan menghiburnya. Padahal itu adalah kesalahan besar. Saat Konak jiji diangkat, beratnya akan bertambah tak tertahankan. Ceritanya sih mengatakan mereka bisa tumbuh hingga 350 kilogram loh !!, cukup untuk membuat kerusakan serius bagi siapa yang mengangkatnya. Terkadang si korban tidak bisa menjatuhkan Konak jiji karena lumpuh. Namun, jika ada yang bisa bertahan dengan berat Konak jiji, hal itu akan memberikan kekuatan gaib (katanya..!!).



















Ittan momen 
tampak cukup berbahaya walaupun hanya sepotong kain putih sepanjang 33 kaki. Biasanya terbang beas di malam hari, agak aneh, tapi tidak terlalu menakutkan. Makhluk ini memang tidak menakutkan, sampai mereka melakukan kejahatan mereka. Mereka membungkus kepala orang dan meremukkan tengkoraknya sampai mati. Walau begitu, Ittan momen senang jika mendapatkan kepercayaan dari orang-orang untuk dikenakan.  Dan hal itu masih jadi misteri.



Shirme 
adalah sebutan untuk laki-laki yang matanya di anus,,WHAT ?! ngak usah kaget lah hehe. Tidak banyak informasi mengenai youkai ini. Kenyataannya, hanya ada satu kisah tercatat tentang Shirme, perhatiin ya...kisah ini sangat disukai pembuat pengarang cerita dan artis Jepang Yosa Buson yang ada di dalam lukisannya. Cerita tentang Shirme itu mengisahkan tentang seorang samurai yang sedang berjalan sendiri di malam hari ketika seseorang memanggilnya. Ia berpaling dan melihat seorang laki-laki misterius membuka baju dan menunjukkan bokongnya dan mata berkilauan muncul dari situ. Samurai itu ketakutan dan melarikan diri. Sejak itu Shirme tidak pernah terlihat lagi....mungkin ini juga salah satu youkai yang punya hobi gajes kali ya...




















怨霊(Onryou)

adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut :
1.Rambut panjang terurai.
2.Memakai kimono putih. 
3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah. 
4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.
Nah kalo menurut ciri-cirinya sih ngak jauh beda sama setan lokal ya.....^^
 nah iya kan mirip~


産女 (Ubume)
Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, Ubume adalah sosok hantu wanita yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) dan meninggalkan anak yang masih bayi, hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Kalo di indo mungkin hantu ini sejenis dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang beda


.

船幽霊 (Funa Yuurei)
adalah youkai yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan pura-pura minta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpangnya tewas.


Daidara-bocchi
Di Jepang ada legenda tentang raksasa luar biasa bernama Daidara-bocchi, dengan ukuran dan kekuatan yang ngak bisa di nalar, tetapi dia punya rasa humor. Dikatakan bahwa jejak kaki makhluk ini telah menciptakan cekungan, danau, dan kolam yang tak terhitung banyaknya. Dan dengan kekuatannya kadang dia menyalah gunakannya untuk memindahkan gunung-gunung dan sungai-sungai. Menurut salah satu legenda, berat tubuh Daidara-bocchi sebanding dengan berat Gunung Fuji dan Gunung Tsukuba bila diajdikan satu..WOW, dan ketika dia terjatuh, akhirnya membelah gunung itu menjaadi dua.



Doro-ta-bō
Jaman dahulu, disebelah Barat Tokyo ada seorang petani miskin pekerja keras. Dia menggarap sebuah lahan yang tak terurus hingga mengubahnya menjadi sebuah lahan beras padi yang produktif untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Tetapi suatu ketika lelaki itu jatuh sakit, dan anak laki-laki satu-satunya yang malas dan tukang boong, tidak seperti ayahnya, menghabiskan hari-harinya dengan minum-minuman dan mengabaikan lahan peninggalan ayahnya yang subur. Akhirnya lahan tersebut dijual ke pelmilik yang baru.
Tetapi roh pria tua itu tidak bisa beristirahat dengan tenang, melihat peternakannya dalam reruntuhan dan kerja kerasnya tak berarti ap-apa, dan suatu malam badannya bangkit dari lumpur, menangis menuntut agar lahannya dikembalikan. Sejak saat itu, setiap malam terang bulan, suara petani yang sudah mati tersebut terdengar dari kejauhan, meminta lahannya dikembalikan.




















Baku
Ketika mimpi buruk datang, jika kamu masih bisa tersadar melalui alam bawah sadarmu atau ketika kamu terbangun setelah mimpi buruk, cobalah untuk mengucapkan kata kata ini “Baku, devour this dream!”, maka Baku akan datang, memakan mimpi burukmu dan meninggalkan anda setelah anda tertidur pulas. Karena hal tsb, Baku adalah salah satu siluman yang lebih baik anda ketahui keberadaannya.
Dijepang, biasaanya para orangtua akan menceritakan tentang keberadaan dan kedatangan baku kepada anak anak mereka sebelum anak2 tidur. Wujud dan penampilan baku yaitu memiliki kepala seperti singa, badannya seperti kuda, kakinya seperti macan dan ekornya seperti sapi.Walaupun ada literature lain yang menyebutkan wujud lain dari Baku tetapi yang pasti, pokoknya wujud Baku adalah paduan dari beberapa macam binatang.


















Dalam legenda dan mitologi Jepang, dikenal adanya perang sembilan dewa atau “Ancient war of 9 Gods”. Perang besar ini terjadi di masa lalu yang belum bisa diperkirakan kapan dan dimana. Peperangan ini adalah peperangan antar Yokai atau siluman yang memiliki kekuatan luar biasa dan disebut sebagai makhluk-makhluk setengah dewa. Mereka saling bertarung satu sama lain. Bahkan, Hokou dan Nekomata membentuk aliansi dan mencoba mendominasi pertempuran. Akhirnya hanya tersisa dua Bijuu yang setingkat dewa yang akhirnya akan menyelesaikan peperangan panjang dan melelahkan ini. Peperangan ini berakhir setelah Yamata no Orochi dan Kyuubi no Yokou bertemu dan bertarung selama 100 tahun. Kyuubi memenangkan pertarungan ini karena dia memiliki chakra yang tidak terbatas.
Mereka semua akhirnya tersegel dalam kuil-kuil yang tersebar di seluruh Jepang

Berikut ini adalah daftar Bijuu yang mengikuti perang ini:
 Ichibi no Shukaku









Shukaku adalah Makhluk berbentuk seekor rakun atau Tanuki dalam Bahasa Jepang. Dulunya Shukaku adalah seorang pendeta dari Nara yang berubah menjadi monster karena kekuatan Yamata no Orochi. Dia lalu berubah menjadi rakun raksasa. Kepribadiannya sangatlah konyol dan senang bermain-main, sama seperti rakun pada umumnya. Dia hidup dari jiwa orang-orang yang mati karena pasir dan angin. Ia juga disebut sebagai dewa angin dalam mitologi. Dalam dongeng di Jepang, Tanuki dikenal sebagai arti dari Kesuburan dan Kemakmuran, laporan lain mengatakan ia adalah sebagai makhluk yang tidak berbahaya dan produktif (Karena besar perutnya kali ya). Ia di gambarakan dengan bentuk seperti Rakun Besar dengan Skrotum (cari di kamus ya,cz g pantes di jelaskan disni) yang berukuran raksasa yang mengantung di punggung dan dijadikan gendang.
• Nibi no Nekomata









Nekomata (?? | ??) adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, dipercaya sebagai sebuah metamorfosis dari kucing peliharaan. Ia berasal dari Hutan Kematian di utara Hokkaido dan konon pertama kali ditemukan di Hutan Iblis Hokkaido, ia berasal dari Hutan Kematian (berbeda dengan hutan iblis) di utara Hokkaido.Bentuknya berupa monster kucing hitam raksasa, yang terkadang ditampilkan dengan dua sayap malaikat berwarna hitam yang besar. Dia adalah peliharaan Dewa Kematian. Nekomata hidup dari memakan mayat dan jiwa-jiwa orang mati.
• Sanbi no Isonade









Isonade (?? | ??) adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk seperti hiu dengan tanduk di kepalanya serta memiliki tiga buah ekor dan tiga buah sirip, ia juga mampu mengendalikan air sesuai dengan keinginannya. Ia pertama kali ditemukan di perairan Yamagawa dan hidup di kedalaman perairan Jepang bagian barat. Setiap beberapa bulan dia akan keluar ke permukaan untuk menghirup udara. Ketika dia melakukan hal ini dia akan menimbulkan badai dan ombak di perairan sekitarnya, semua kapal didekatnya akan tenggelam dan kemudian dijadikan makanan oleh Isonade. Dia juga sering menyerang kapal-kapal yang berlayar di lautan bebas.
Isonade memiliki bawahan bernama Samehada yang hidup di dalam perut Isonade dan membantu menambah chakranya hingga lima kali besar. Makanan Samehada berasal dari sisa makanan yang dimakan Isonade.
• Yonbi no Sokou










Sokou (? ? | ??) adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk ayam-setengah-ular yang konon tinggal di gunung Fuji, Jepang. Sokou memiliki empat buah ekor dan menyebarkan gas beracun disekitar tubuhnya. Awalnya, Sokou adalah ayam jantan dan ular yang menjalin kasih. Namun akibat pengaruh udara dan racun di pegunungan, kedua hewan itu menyatu dan menjadi besar. Karena berbahaya, seorang ahli ilmu iblis bernama Yamazaki Ishiro menyegel Sokou ke dalam alat dewa Kandang Bulan Berjaring di dasar gunung Fuji, Jepang. Hingga saat ini, beberapa orang masih beranggapan bahwa letusan di gunung Fuji disebabkan oleh dengkuran Sokou ketika sedang tidur.
 Gobi no Hokou









Hokou (?? | ??) adalah Bijuu yang berupa seperti anjing berekor lima. Setiap ekor makhluk ini merepresentasikan setiap-tiap kekuatan elemental: Api, Angin, Air, Tanah, dan Petir. Itu bisa mengakibatkan kerusakan dahsyat bila digunakan. Kemampuannya ialah menggunakan semua elemen maupun mengkombinasikannya. Setiap elemennya juga bisa menyebabkan bencana tergantung jenisnya. Hokou bermaksud menghancurkan alam untuk mendapatkan kembali lima elemen ini. Dia mengalami cedera berat ketika menantang Kyuubi berdua dengan Nekomata. Cukup aneh, dia adalah dewa ilusi. Hokou hidup di pohon besar yang sudah berumur panjang.
• Rokubi no Raijuu












Raijuu (?? ?) adalah Bijuu yang yang berbentuk seperti berang-berang, mempunyai 4 kaki dan kuku yang amat tajam. Bila meraung seperti guntur. Aslinya, dia adalah dewa petir, tetapi karena pengaruh kekuatan Yamata no Orochi dia berubah menjadi monster. Raijuu bisa mengeluarkan listrik dalam jumlah besar untuk keperluan pertarungan. Bulunya berwarna emas dan ujungnya berdiri. Memiliki enam ekor yang bentuknya seperti petir, seperti dewa petir kuno.
Raijuu juga digambarkan sebagai rekan Raiden, dewa guntur dari agama Shinto. Biasanya, Raijuu tenang dan tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi buas dan agresif ketika terjadi badai petir dan mengenai apa saja di sekitarnya, batu,pohon bahkan bangunan (orang dulu bilang bahwa pohon yang tersambar petir terkena cakaran Raijuu).

Ada juga yang mengatakan Raijuu tidur di perut manusia. Ini membuat Raiden menembakkan panah ke perut Raijuu tidur untuk membangunkannya, yang bisa membuat orang kesakitan. Orang-orang dulu tidur di perutnya bila cuaca sedang buruk. Ada pula yang mengatakan Raijuu hanya tidur di perut orang yang sedang tidur di luar.
• Shichibi no Kaku

Kaku bisa juga dibaca sebagai “mujina” adalah Bijuu berbentuk tupai. Kanjinya juga bisa dibaca sebagai Mujina, yaitu nama subspesies dari tupai (Meles Meles Anaguma) yang ada di beberapa tempat di Jepang. Dia berasal dari altar pengorbanan di pinggiran Nagoya. Kaku mempunyai tujuh ekor dan yang terkecil diantara para Bijuu, walaupun begitu dia adalah Bijuu terlicik dan paling “penyusup” dari sembilan Bijuu lainnya. Kaku memburu mangsanya dari dalam tanah sepanjang waktu. Dia membunuh dengan melongsorkan/menghancurkan bagian tanah dibawah mangsanya, membuatnya jatuh tepat di mulutnya yang sudah terbuka lebar. Di atas tanah, dia bisa berubah menjadi apa saja, asalkan dia mempunyai tanah liat. Tubuhnya berwarna biru.
• Hachibi no Orochi (Yamata no Orochi)
 
Yamata no Orochi adalah Bijuu berbentuk ular. Dia memiliki mata berwarna merah darah, delapan ekor dan kepala (juga digambarkan dililit oleh akar belukar dan semak) dan memiliki kekuatan dari dunia iblis, simbol kejahatan. Setiap kepala Orochi melambangkan simbol: jiwa, hantu, kejahatan, iblis, dunia setelah kematian, dan kematian. Kekuatan sebenarnya dari Orochi seharusnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan, menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada didalamnya dan menjadi mahluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semuanya didalam tubuhnya. Dengan kekuatan barunya, Orochi mengeluarkan kekuatan kegelapan yang amat besar sehingga membangunkan bijuu yang lain, dan menjadi arogan. Orochi mengalahkan banyak bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi. Alasannya sederhana: kekuatan Kyuubi tidak terbatas, membuat sebuah lubang pada Kusanagi yang bahkan Enma dan Sarutobi tidak bisa menggoresnya sedikitpun. Dalam legenda, dia menyamai Kyuubi dalam hal kekuatan, tetapi dia mempunyai batasan.
• Kyubi no Yoko


OK last nih dan kalian smua pasti dah kenal siapa dia kan?! yup btul skali namanya Kyubi,,Kyuubi merupakan Bijuu dengan bentuk rubah berekor sembilan dan merupakan yang terkuat diantara para Bijuu. Alasan kenapa dia sangat kuat amat sederhana: dia mempunyai chakra yang tidak terbatas, membuatnya pantas menyandang nama “Raja para Bijuu”. Kekuatannya berasal dari segel api miliknya. Setelah bertarung selama 100 tahun dengan Yamata no Orochi, segel itu menjadi kelelahan; tetapi Kyuubi masih bisa bertahan dan berdiri. Dia juga licik dan cerdas. Cara berbicaranya sangat sadistis dan sarkastik. Begitu pula kelakuannya.
Kyuubi no Yokou adalah Bijuu terkuat dalam Mitologi Jepang. Tubuhnya ditutupi bulu berwarna merah; Kyuubi melambangkan elemen api. Kemampuannya amat luar biasa. Karena belum pernah dikalahkan sekalipun oleh Youkai, kekuatan sebenarnya tidak bisa diukur. Ekornya mengeluarkan pusaran angin dengan cara diputar dengan cepat,satu hentakan ekor saja dapat menimbulkan gempa bumi dan tsunami, dan Kyuubi mampu merobek musuhnya dengan cakar raksasa miliknya. Bulu-bulunya bisa mengeluarkan bola api seperti meteor yang tak pernah habis, cukup untuk menghancurkan sebuah desa dengan cepat. Dalam peperangan 9 dewa, Hokou mengalami cedera parah, dan Nekomata hampir mati; bila tidak ditolong dewa kematian karena berani menantang Kyuubi. Yamata no Orochi bergantung pada Kusanagi no Tsurugi, pedang klan Kusanagi untuk mengalahkan Kyuubi, tetapi bisa dikalahkan dan mata pedang dari pedang tersebut menjadi retak. Padahal Sarutobi sasuke, si ninja legendaris dan Enma si raja monyet tidak bisa menimbulkan goresan sedikitpun pada Kusanagi. Ini menggambarkan kekuatan Kyuubi yang luar biasa.

1 komentar:

Disqus Shortname

Comments system