Pages

Kamis, 22 Desember 2016

Apa itu Kundalini, dan Manfaat Kundalini

Assalamualaikum guys :3 tanpa basa-basi lagi langsung saja ya kita membahas tentang Kundalini.
Image result for kundalini

Apa itu Kundalini ?

Kundalini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti gulungan. Setiap orang memiliki Kundalini. Namun, pada kebanyakan orang, Kundalini tertidur di perineum (di antara anus dan kemaluan) membentuk gulungan 3½ lingkaran. Meskipun sebagian besar orang tidak menyadari adanya Kundalini, Kundalini sudah terkenal di kalangan para pencari spiritual yang serius.

Banyak aliran yoga menganggap bahwa untuk memperoleh pencerahan, yaitu tingkat kebangkitan spiritual tertinggi yang dapat dicapai seseorang (di mana seluruh rahasia alam dan kehidupan diketahui dengan jelas), seseorang harus membangkitkan Kundalininya terlebih dahulu.

Aliran yoga ini percaya bahwa Kundalini adalah kekuatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan akhir dari pencapaian spiritual untuk mencapai persatuan Ilahi yang sering disebut dengan istilah yoga.

Di masa lalu banyak orang tertarik dengan berbagai latihan yoga dan berusaha melakukannya secara sungguh-sungguh. Mereka berpendapat bahwa seluruh kehidupan di dunia yang fana ini hanyalah impian belaka dan tujuan kehidupan yang sesungguhnya adalah mencapai kesadaran sejati dan pencerahan. Dengan berlatih yoga, mereka berharap dapat membangkitkan Kundalini agar dapat mencapai kesadaran sejati, pencerahan, dan persatuan Ilahi (Yoga).

Secara tradisional, diyakini bahwa setelah terbangun, Kundalini dapat menghapus simpul cakra utama, membersihkan, membuka, dan mengembangkan cakra sampai sepenuhnya berkembang menjadi bentuk teratai mekar penuh.

Saat Kundalini selesai membuka, membersihkan, dan mengembangkan semua cakra; inti Kundalini akan mencapai cakra mahkota. Ini adalah saat meraih pencapaian spiritual tertinggi (Yoga).

Namun, tidak mudah untuk mencapai Yoga. Pertama, sangat sulit membangkitkan Kundalini. Beberapa orang telah menghabiskan puluhan tahun praktek latihan dengan dedikasi tanpa mampu membangkitkan Kundalini mereka.

Bagi mereka yang cukup beruntung karena Kundalini mereka terbangun, proses pembersihan Kundalini masih memerlukan waktu sekitar puluhan tahun. Kundalini membutuhkan bertahun-tahun untuk membersihkan, membuka, dan mengembangkan cakra sepenuhnya; dan proses ini dilakukan dari tubuh bagian bawah ke tubuh bagian atas secara berurutan.

Kundalini memulai pada cakra terendah dan menghabiskan beberapa tahun di cakra dasar ini (tubuh bagian bawah), dan memakan waktu puluhan tahun sebelum Kundalini mulai bekerja pada cakra mahkota (tubuh bagian atas). Dalam kebanyakan kasus, orang akan meninggal sebelum mencapai tujuan akhir dari proses karena waktu yang dibutuhkan terlalu lama.

Apakah Manfaat Sesungguhnya Kundalini?

Banyak orang tertarik pada energi Kundalini karena energinya dapat memberikan berbagai macam kekuatan cenayang. Sayangnya, kekuatan cenayang dari Kundalini bukanlah manfaat sesungguhnya Kundalini. Kekuatan cenayang adalah produk dari proses kebangkitan Kundalini.

Dalam Reiki Tummo, berlatih kekuatan cenayang tidak dianjurkan sama sekali, karena akan meningkatkan ego dan arogansi sehingga membawa kita menjauh dari Tuhan YME. Jika tujuan utamanya adalah untuk lebih dekat kepada Tuhan YME, maka apa pun yang dapat membawa kita menjauh dari Tuhan YME harus dihindari.

Ada tiga hal manfaat utama sesungguhnya Kundalini:

Setelah terbangkitkan, Kundalini melakukan proses pembersihan terus menerus 24 jam sehari.
Energi Kundalini membersihkan dan menyempurnakan pengembangan cakra utama, termasuk membersihkan bagian dalam cakra.
 Energi Kundalini menjembatani aspek mikro (praktisi) dengan aspek makro.

2 komentar:

Disqus Shortname

Comments system